Lihat ke Halaman Asli

Oktavia anggraeni

Oktavia Anggraeni// IAIN METRO

Pentingnya Salat

Diperbarui: 30 September 2024   02:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Shalat merupakan salah satu sarana yang paling utama dalam hubungan antara manusia dengan Allah SWT. Shalat juga merupakan sarana komunikasi bagi jiwa manusia dengan Allah swt. Shalat juga mempunyai kedudukan yang sangat penting dan mendasar dalam Islam, yang tidak bisa disejajarkan dengan ibadah-ibadah yang lain.

Rasulullah SAW bersabda: "Shalat adalah tiang agama, maka siapa yang mendirikan shalat, berarti ia menegakkan sendi-sendi agama, dan siapa yang meninggalkan shalat, berarti ia telah meruntuhkan sendi-sendi agama." Maka tegakkan tiang-tiang agama itu, agar kita tidak termasuk sebagai orang yang meruntuhkan agama.

Kenapa shalat itu tak boleh ditinggalkan? Karena Sholat adalah tolak ukur amal, yang berarti kualitas amal seseorang ditentukan oleh sholatnya, sholat adalah kunci surga, sholat merupakan perintah langsung dari Allah tanpa perantara malaikat, sholat merupakan benteng untuk diri kita menjaga dari perbuatan keji dan maksiat, sholat menjadi pengingat untuk diri kita kepada Allah, dan sholat merupakan tiang agama.

Abu Hurairah ra berkata: "Aku mendengar Nabi SAW bersabda: "Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab dari amal hamba adalah shalat. Jika shalatnya baik ia benar-benar telah beruntung dan sukses. Dan jika shalatnya rusak benar-benar telah celaka dan merugi."(HR. at-Tirmidzi dan an-Nasa'i).

Tidakkah kita merasa gemetar, saat ditanya tentang sudahkah kita shalat. Bagaimana kita menjawab pertanyaan saat dihisab kelak. Apakah kita termasuk orang yang telah menegakkan shalat atau malah mengabaikannya?Tentu, kita tak ingin diri ini celaka, dan berakhir dengan penyesalan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline