Lihat ke Halaman Asli

Ketika Komputer Menjadi Manusia Baru

Diperbarui: 18 April 2016   20:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Seiring berjalannya waktu, pengetahuan berkembang dan mengubah kehidupan masyarakat. Perubahan yang paling mencolok pada masyarakat adalah pada gaya hidup dan tingkah laku yang semuanya menjadi serba instan dan mudah. Perubahan tersebut terjadi akibat ilmu pengetahuan yang terus terkaji dan berkembang sehingga banyak tercipta inovasi-inovasi baru untuk menciptakan alat-alat atau teknologi baru untuk mempermudah kegiatan masyarakat. Pada dasarnya, teknologi telah mempermudah manusia dalam beraktivitas sejak dari bangun tidur hingga mereka tidur kembali.

Pada zaman era modern ini, banyak muncul teknologi baru dan menarik masyarakat untuk memiliki. teknologi-teknologi tersebut sudah terhubung dengan jaringan sehingga koneksinya sudah bisa terhubung kemana-mana. teknologi-teknologi tersebut seperti komputer, handphone, dan lainnya. Semula, banyak orang berfikir bahwa dengan adanya teknologi-teknologi tersebut adalah perubahan biasa, tapi lambat laun semua teknologi-teknologi tersebut menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan. Contoh perbandingan yang sangat jelas antara zaman dahulu dan zaman sekarang seperti pada zaman dahulu untuk mendapat informasi dengan orang lain di tempat jauh sangatlah sulit, sehingga mereka harus melakukan komunikasi dengan surat menyurat, bahkan pula seseorang harus melakukan perjalanan jauh untuk menjumpai orang yang bersangkutan. Namun pada era modern ini, masyarakat hanya perlu menghubungkan teknologi yang mereka punya ke internet.

Dewasa ini, internet sudah menjadi saudara ke dua masyarakat karena dengan jaringan internet yang baik masyarakat satu dengan yang lain mampu terhubung dan saling bertukar informasi tanpa harus bersusah payah. Sistem informasi saat ini sudah mulai berbasis komputer, dimana informasi yang didapat adalah informasi yang efisien dan cepat hanya dengan terhubung ke jarngan internet saja. Semua informasi yang tersebar adalah informasi yang berhubungan pengolahannya dengan jaringan internet dan hasil informasi yang akurat dapat di baca dengan melalui komputer. Jadi, setiap kegiatan informasi yang didapat oleh masyarakat adalah informasi yang pengolahannya tidak lepas dari jaringan internet.

Keberadaan internet mempermudah setiap aktivitas masyarakat karena informasi apa yang dibutuhkan masyarakat sudah terpapar didalam internet dan masyarakat hanya tinggal melihat dan membaca di layar komputer atau gadget mereka. Selain itu, informasi-informasi tersebut sudah memiliki kualitas yang dianggap baik di masyarakat karena sebagian besar informasi yang tertera didalam internet dapat memenuhi keinginan si pembaca.

Melihat kejadian seperti ini, masyarakat mulai tergiur dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh produsen-produsen teknologi internet. Disisi lain kejadian tersebut juga menjadi tambang untuk mempromosikan produk-produk baru mereka. Masyarakat mulai menganggap bahwa teknologi internet adalah manusia baru yang keberadaannya mulai diperhitungkan dalam membagi informasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline