Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Komunikasi dalam Tatanan Kehidupan

Diperbarui: 9 November 2022   22:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENDAHULUAN

Komunikasi yang baik penting baik di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan keluarga, karena dengan komunikasi yang baik akan menciptakan kekeluargaan yang baik dan sejahtera. Komunikasi yang baik adalah suatu komunikasi yang bisa berjalan secara efektif. 

Keefektifan komunikasi dipengaruhi oleh proses komunikasi yang terjadi. Kamu perlu memahami teknik komunikasi efektif supaya proses berkomunikasi yang kamu lakukan berjalan dengan efektif dan memberi kesan yang baik. 

Kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan salah satu jalan kesuksesan. Komunikasi merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial agar dapat menjalin suatu hubungan baik antara satu dengan lainnya. Hidup adalah menjual ide atau gagasan karena setiap apa yang kita lakukan pasti dilakukan dengan adanya suatu ide atau gagasan dalam diri atau pikiran kita. 

Banyak sekali ide hebat yang tidak bisa tersampaikan karena tidak melalui komunikasi yang baik. Suatu ilmu, skill, dan lain-lain jika tidak dikomunikasikan dengan baik maka tidak ada yang mau mendengarkan, mengikuti, membeli, serta membantu apa yang kita komunikasikan.

PEMBAHASAN

Apasih Pentingnya Komunikasi Yang Baik?

Secara teori, cara berbicara yang baik cukup sederhana. Kamu hanya perlu melafalkan kata-kata dengan jelas, berbicara tidak terlalu cepat atau lambat, intonasi yang lebih dinamis, memilih kata-kata yang sesuai, dll.

Namun, pada prakteknya hal tersebut tidaklah sesederhana itu. Butuh pengalaman dan pembelajaran yang mendalam supaya bisa menerapkan teknik komunikasi efektif secara optimal. Selain itu juga berbicara yang baik dengan lawan bicara adalah hal yang sangat penting bahkan kita sebagai mahasiswa harus bsa berbicara dengan baik, bukan hanya kepada yang lebih dewasa akan tetapi dengan teman sebaya pun di haruskan berbicara dengan baik.

Meningkatkan team building Dan hal ini akan berdampak pada kepuasan karyawan dan perusahaan itu sendiri, meningkatkan produktivitas pada akhirnya, produktivitas yang baik akan menguntungkan bagi organisasi, menghargai perbedaan dan toleransi Dengan banyaknya ragam bahasa dan budaya, tentu komunikasi dibutuhkan dalam dunia kerja agar karyawan semakin bisa memahami satu sama lainnya.

Mempermudah dalam penerapan aturan komunikasi dalam dunia kerja berperan sebagai penerapan sebuah peraturan dalam perusahaan. Peraturan berfungsi untuk memudahkan seseorang dalam bekerja, memudahkan memahami karakter komunikasi dalam dunia kerja juga digunakan untuk memahami karakter seseorang, Menyelesaikan suatu konflik dalam hal ini, komunikasi juga menjadi sarana penting untuk memecahkan suatu masalah yang sedang terjadi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline