Lihat ke Halaman Asli

Oktafiana Windi

Oktafiana Windi

Pemasaran Afiliasi di Media Sosial Meningkatkan Penjualan

Diperbarui: 9 Desember 2021   14:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Yang kita ketahui saat ini penjualan secara online berkembang sangat pesat. Penjualan yang dilakukan secara konvensional saat ini membutuhkan berbagai strategi yang dilakukan agar tepat sasaran. Komunikasi pemasaran juga salah satu hal yang sangat penting dilakukan dalam menawarkan barang atau jasa. Komunikasi ini bisa dilakukan secara online, mulai dari membujuk, merayu dan mempromosikan ke pelanggan.

Apa itu Pemasaran Afiliasi?

Pemasaran yang dilakukan pihak ketiga untuk mengiklankan produk atau layanan atas nama pedagang dengan imbalan atau komisi yang disepakati untuk penjualan. Afiliasi terkadang dipandang sebagai tenaga penjualan yang diperluas untuk sebuah situs web.

Bagaimana Afiliasi Melakukan Promosi?

Afiliasi disebut juga dengan pemasar digital yang dibayar berdasarkan kinerja. Tujuan dari afiliasi ini untuk mengirimkan pesan bertarget ke situs web pedagang. Afiliasi dapat mempromosikan sebanyak mungkin taktik yang mereka inginkan. Berikut cara yang bisa dilakukan :

  • Personal web site

Pemasaran afiliasi ini menggunakan situs web sendiri untuk menghasilkan uang, meskipun sekarang ini merupakan bagian kecil dari bauran pemasaran afiliasi.

  • Content dan niche sites

Merupakan situs web yang dibuat khusus seputar topik dan produk apa pun yang dipromosikan akan membawa pelacakan afiliasi.

  • Email list

Beberapa afiliasi menjalankan daftar email dengan memasarkan penawaran ke pedagang tertentu melalui buletin email mereka. Beberapa afiliasi menggunakan email untuk mempromosikan penawaran pedagang, tetapi sebagai pemasar afiliasi yang sudah matang, biasanya ada syarat dan ketentuannya untuk mencegah hal ini di industri terkemuka.

  • Loyalty sites

Sebagai afiliasi akan mendapatkan persentase dari penjualan, beberapa afiliasi 'membagi' ini dengan pelanggan dan membuat cash back atau situs belanja berbasis poin. Ada juga beberapa yang menyumbangkan persentase komisi untuk amal.

  • Coupons dan promotional sites

Beberapa afiliasi menggunakan kupon unik dan menawarkan kepada pengguna untuk menekan tautan mereka. Ini menguntungkan bagi afiliasi yang mendapatkan komisi, dan pembeli yang mendapat promo atau diskon.

  • Look for ads

Beberapa pemasar afiliasi paling sukses adalah mereka yang mempromosikan berbagai merchant melalui mesin pencari berbayar pemasaran. Karena afiliasi ini mencari penghasilan tertinggi dan ini juga disebut sebagai arbitrase pencarian.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline