Lihat ke Halaman Asli

Okta Adetiana

Student of the Faculty of Economics and Business – Pamulang University, South Tangerang

Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia

Diperbarui: 25 Maret 2024   05:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

   Pendidikan adalah asas untuk bangsa, dan harus diperhatikan sebagai prioritas utama. Sekarang ini, pendidikan di Indonesia masih terpengaruh oleh masalah ketimpangan dalam mutu, biaya yang mahal, dan kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah harus mengurangi biaya pendidikan dan memfasilitasi interaksi langsung antara guru dan siswa.

   Pendidikan non formal dan informal juga perlu diperhatikan, sebagai upaya untuk mengembangkan karakter siswa. Dengan pendidikan non formal dan informal, siswa akan dapat memperoleh ilmu pengetahuan yang lebih luas dan membangun karakter yang kuat. Hal ini akan membantu siswa dalam menghadapi segala persoalan dalam kehidupan.

   Saya menginginkan bahwa pendidikan di Indonesia menjadi lebih efektif dan mencakup karakter, karena itu sangat penting bagi kemajuan bangsa. Pendidikan harus menjadi prioritas utama, karena ia adalah asas untuk bangsa. 

   Pendidikan di Indonesia masih terpengaruh oleh masalah ketimpangan dalam mutu, biaya yang mahal, dan kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah harus mengurangi biaya pendidikan dan memfasilitasi interaksi langsung antara guru dan siswa. Dengan perbaikan tersebut, siswa akan dapat menghadapi segala persoalan dalam kehidupan dengan karakter yang kuat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline