Lihat ke Halaman Asli

Okta vianananda

Mahasiswa psikologi

Mengenal Lebih Dalam Overthinking

Diperbarui: 29 September 2021   12:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Okta viana nanda prastica

NIM : 202110230311445

Prodi : Psikologi (Universitas Muhammadiyah Malang)

Mengenal Lebih Dalam Tentang Overthinking 

Hidup di jaman millennial seperti ini sosial media sangat berpengaruh bagi kehidupan kita, begitu juga ekspektasi orang terhadap diri kita. Kita dituntut untuk sempurna oleh keadaan dan diri kita sendiri,belum lagi aktifitas kita di media sosial yang dijadikan tolak ukur orang awam dalam menilai kita,hal tersebut dapat membuat kita terlalu memikirkan setiap hal yang terjadi pada kita yang biasa kita sebut overthinking.

Overthinking itu apasih? Overthinking termasuk dalam psychological disorder /gangguan psikologis yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami kecemasan yang berlebihan (anxiety). Overthinking seringkali berdampak ke kesehatan fisik kita karena penderitanya cenderung memikirkan sesuatu secara terus menerus tanpa menemukan solusi dan nantinya pikiran-pikiran tersebutlah yang membuat penderitanya merasa kelelahan.

Seseorang yang mengalami overthinking akan sering berpikir negatif tentang suatu hal yang dialaminya. Keadaan tersebut membuat mereka semakin teretekan dan memicu gangguan psikologis lain seperti kesedihan, kecemasan, stress dan juga depresi. Seseorang yang mengalami overthinking pun akan kesulitan menemukan kebahagiaan dan makna hidup di diri mereka sehingga mereka lebih rentan mengalami kesedihan.

 Seseorang yang mengalami overthinking akan berusaha menenangkan pikiran namun pikiran-pikiran cemas yang dating sulit untuk diredam sehingga orang tersebut akan kebingungan sendiri dalam menghadapi masalahnya. Boasanya orang tersebut akan selalu merasa cemas,selalu memikirkan perkataan orang lain,takut untuk memulai sesuatu,kualitas tidurnya terganggu bahkan mengalami burnout.

Berikut merupakan beberapa penyebab seseorang mengalami overthinking

Trauma masa lalu

Seseorang yang pernah mengalami suatu hal buruk di masa lalunya akan cenderung berhati hati bahkan menghindar saat dipertemukan dengan kejadian yang sama akan masa lalunya,ia akan memikirkan kajadian tersebut secara berlebihan agar hal buruk di masa lalunya tidak terulang lagi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline