Lihat ke Halaman Asli

okmi astuti

Menulis is habit, menulislah sepanjang hayat

SMK Negeri 3 Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Diperbarui: 2 Juli 2021   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Pangkalpinang merupakan salah satu sekolah pariwisata yang ada di Kepulauan Bangka Belitung. Sekolah yang berlokasi di Kelurahan Girimaya Kota Pangkalpinang sangat mudah dijangkau oleh masyarakat.  Lokasi sekolah yang berada di perbukitan membuat suasana sekolah sejuk, indah, nyaman, damai dan tentram.

Selain itu letak sekolah juga sangat strategis karena selalu dilalui masyarakat terutama bagi mereka yang ingin refreshing, melepas lelah, ataupun hanya sekedar olah raga ringan seperti jogging, karena di puncak perbukitan terdapat lapangan golf yang  luas  nan hijau membuat indah untuk dipandang

Ada empat program keahlian yang dapat dipilih oleh siswa yaitu perhotelan, usaha perjalanan wisata, kuliner dan tata busana. Masing-masing program keahlian memiliki kelebihan dan nilai plus. Baik dari segi fasilitas maupun tenaga pendidiknya.

Untuk program keahlian perhotelan, siswa difasilitasi dengan sebuah hotel praktek yang dikenal dengan nama Edotel. Edotel berdiri kokoh di area sekolah dan menjadi icon keahlian tersebut. Sayang nya untuk saat ini Edotel belum bisa dioperasikan kembali seperti tahun-tahun sebelumnya. Edotel pernah kedatangan tamu istimewa seperti  bapak Budiono yang menjabat wakil presiden kala itu.  Edotel juga pernah dikunjungi oleh beberapa aktor, penyanyi dan juga orang penting lainnya.

Moment seperti itu akan menjadi sejarah bagi edotel dalam masa keemasannya. Moga saja segala urusan dan pemprosesan keberadaan Edotel segera selesai sehingga bisa beroperasi kembali.  

Dari segi tenaga pendidik, ada dua guru yang telah memiliki Gelar Master Pariwisata dan tidak lama lagi akan bertambah menjadi 3.  Selain itu ada juga tenaga pendidik senior  yang pernah belajar di luar negeri  memiliki banyak  pengalaman dan skill di bidang pariwisata.

Berikutnya program keahlian kuliner. Dari segi fasilitas sangat luar biasa.  Fasilitas yang digunakan untuk praktek kebanyakan berasal dari luar negeri. Produk yang sangat berkualitas tentunya. Apakah semua produk dari luar negeri? Tentu saja tidak. Kita orang Indonesia pasti juga mencintai produk negeri sendiri. 

Meskipun belum satupun tenaga pendidik lulusan pasca sarjana, jangan ragukan kemampuan mereka karena mereka sangat profesional dan multi talenta. Beberapa guru juga pernah belajar di luar negeri untuk menambah ilmu dan wawasan mereka.

Selanjutnya program keahlian usaha perjalanan wisata. Meskipun keahlian ini tidak setua perhotelan dan kuliner, program ini sempat popular dan menjadi pilihan utama bagi calon siswa baru. Keahlian ini difasilitasi dengan  travelling office dikenal dengan nama Edo Travel untuk praktek siswa mata pelajaran tiketing.

Siswa terlibat langsung dalam praktek tiketing mulai dari booking tiket sampai mengissue tiket.  Banyak tenaga pendidik  menggunakan Jasa mereka ketika berpergian. Jasa mereka juga digunakan oleh pihak ekstern. 

Untuk mata pelajaran lain seperti guiding, siswa diajak berkunjung ke tempat wisata dan diajarkan bagaimana menjadi seorang guide profesional. Selain fasilitas kantor, keahlian ini juga dilengkapi dengan sebuah bus untuk tour guiding. Selain itu jurusan UPW juga dilengkapi dengan satu ruang lab komputer.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline