Lihat ke Halaman Asli

Mamed

Seorang Mahasiswa semester akhir

Exovillage platform pengembangan desa

Diperbarui: 30 Desember 2021   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Depok, Jawa Barat. Exovillage merupakan sebuah platform berbasis aplikasi dan website yang berfokus pada promosi potensi UMKM, budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif. Exovillage menjadi sebuah aplikasi yang dapat memudahkan sebuah desa untuk dapat menunjukkan berbagai potensi yang dimiliki. Aplikasi ini menjadi sebuah acuan untuk pendekatan literasi digital terhadap masyarak perdesaan sehingga tercapainya SDG.

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan penurunan dalam sektor perekonomian begitu juga pada perekonomian perdesaan. Pandemi ini juga menyebabkan suatu culture yang serba teknologi karena berfokus pada pencegahan penyebaran virus covid-19 sehingga internet merupakan hal yang penting dan tidak akan lepas dari masyarakat. Namun desa yang ada di Indonesia masih tergolong tertinggal dalam perkembangan teknologi. Hal tersebut menyebabkan promosi dari desa yang memiliki potensi yang sangat tinggi menjadi kurang dan distribusi perekonomian mereka menjadi menurun. Maka dari itu perkembangan teknologi serta literasi digital perlu tersampaikan terhadap desa-desa agar mereka dapat menjaga gari perekonomian dengan baik melalui branding dan promosi yang cepat melalui platform digital.

KKN Tematik Universitas Diponegoro x Exovillage Tahun 2021 dengan tema "Pemetaan Potensi Desa dalam Upaya Pencapaian SDG's" menjadi sebuah usaha untuk membantu serta mengenalkan sebuah perkembangan teknologi/literasi digital terhadap desa-desa yang ada di Indonesia. Saya Abdul Hamid bersama rekan-rekan saya mengambil program tersebut  untuk membantu mengenalkan potensi desa Kalibaru, kecamatan Cilodong, Jawa Barat. Adanya program ini menjadi sebuah sarana agar potensi desa wisata yang dimiliki dapat terpromosi dengan baik serta masyarakat dapat memanfaatkan teknologi yang ada untuk menunjukkan potensi desa yang mereka miliki.

Program ini kami jalankan dengan melakukan kerja sama dengan kelurahan kalibaru dan POKDARWIS Kalibaru dimana POKDARWIS menjadi organisasi yang berfokus pada bidang wisata di kelurahan Kalibaru. Program ini bergerak dengan kami bersama tim exovillage memperkanalkan sebuah platform digital bernama Exovillage sehingga para kader dari POKDARWIS dapat memanfaatkan platform digital tersebut untuk mempromosikan potensi desa yang ada serta membantu para UMKM. Program ini juga terdapat roadmap yang dimana bertujuan untuk membantu POKDARWIS dalam menentukan langkah-langkah yang akan diambil kedepannya berdasarkan analisa tim KKN dan juga POKDARWIS sehingga dapat mencapai sebuah tujuan yang dapat memajukan UMKM yang ada di desa kelurahan Kalibaru. 

Oleh karena itu literasi digital sangatlah penting terutama untuk desa-desa. Literasi digital dapat menjadi sebuah sarana untuk para masyarakat desa untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. Tidak hanya itu, platform Exovillage akan menjadi sebuah platform yang sangat berguna untuk branding destimasi wisata, spot-spot indah, kuliner khas desa, UMKM desa dan sebagainya. Sehingga pemulihan perekonomian desa dapat terwujud dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline