Lihat ke Halaman Asli

oki channel

Kepala Sekolah PSP / SMP Negeri 2 Kedungwuni

Seberapa Penting Tes Diagnostik?

Diperbarui: 10 Maret 2023   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penting untuk menilai tingkat pengetahuan siswa sebelum memaparkan pada mereka topik yang baru. Oleh karena itu, tes diagnostik dibuat khusus untuk ini. Tes diagnostik merupakan cara yang mudah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Tes diagnostik memungkinkan Anda menyederhanakan materi pelajaran dan strategi pmbelajaran, yang merupakan salah satu keunggulan utamanya. Dengan kata lain, Anda dapat menyesuaikan seluruh pengajaran Anda dengan kebutuhan unik siswa Anda. Anda dapat menggunakan tes diagnostik untuk meningkatkan model pembelajaran Anda.  

Apa yang dimaksud dengan penilaian diagnostik?  

Tes diagnostik dalam pembelajaran adalah jenis penilaian awal yang memungkinkan guru untuk mengukur sejauh mana pengetahuan mata pelajaran siswa. Dengan kata lain,  tes ini digunakan untuk menentukan tingkat pengetahuan siswa dan  mengidentifikasi potensi kesenjangan pembelajaran. Tes Diagnostik dilakukan pada awal pembelajaran, seperti awal unit, topik atau periode.  Penilaian diagnostik juga dianggap "level rendah" karena tidak dinilai dan tidak membantu menentukan apakah seorang siswa harus naik ke kelas berikutnya. Namun penilaian tersebut sangat berguna untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan siswa pada bidang studi tertentu.  

Bagaimana cara kerja evaluasi diagnostik? 

Misalnya, Anda  memulai topik matematika baru tentang persamaan kuadrat. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan tes sederhana untuk memahami seberapa banyak informasi yang sudah diketahui siswa tentang topik tersebut.  

Apa ciri-ciri tes diagnostik dalam pendidikan?  

Agar penilaian dapat disebut sebagai "tes diagnostik",  harus memenuhi kriteria sebagai berikut:  

  • Penilaian diagnostik harus dilakukan pada awal semester atau mata pelajara baru.  
  • Fokusnya harus pada pemahaman dasar pengetahuan siswa saat ini.  
  • Tes diagnostik  pendidikan harus menunjukkan  kekuatan siswa dan area potensial untuk pertumbuhan.  Tidak perlu mengkritiknya.  
  • Untuk mengukur kemajuan siswa, perlu dibuat garis dasar untuk membandingkan apa yang mereka pahami sebelum pelajaran dan apa yang mereka pelajari sesudahnya.  

Apa tujuan tes atau penilaian diagnostik?  

Mengapa guru harus peduli dengan tes diagnostik? Tujuan utama dari penilaian diagnostik adalah untuk mengumpulkan informasi yang cukup tentang pengetahuan awal  siswa tentang subjek tersebut. Menggunakan informasi ini, guru mengembangkan peta jalan praktis yang mengisi kesenjangan pengetahuan.  

Tes diagnostik membantu guru dengan memberikan landasan untuk mengajar. Guru tahu materi apa yang tidak boleh dibahas dan apa yang harus dibahas. Selain itu, mereka diberi kesempatan untuk mengklarifikasi kesalahpahaman sebelum memulai proses pembelajaran.  Tes diagnostik  pendidikan pada akhirnya meningkatkan efektivitas dan efisiensi  proses belajar mengajar dengan berfokus pada materi yang  diajarkan dan dipelajari. Ini meningkatkan pembelajaran untuk semua orang dengan menempatkan siswa dan guru di halaman yang sama.  

Jenis Tes Diagnostik  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline