Lihat ke Halaman Asli

Jaga Kesehatan Mental Anda di Awal Tahun 2022

Diperbarui: 6 Januari 2022   08:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kesehatan mental yang baik dan sehat sangatlah penting bagi kita. Ketika mental kita sudah rusak dan lemah maka akan berpengaruh dikehidupan kita sehari hari, pentinglah bagi kita menjaga kesehatan diri kita sendiri. 

Namun dalam permasalahan ini menurut saya sangat sulit jika gangguan mental harus disembuhkan sendiri tanpa melibatkan orang lain. Oleh karena itu seseorang yang mengalami gangguan mentalnya sering mudah tersinggung, emosi tidak stabil dan kesehariannya terganggu.

Hingga saat ini masih belum ditemukan penyembuhan atau penanganan lebih lanjutnya bagaimana. Banyak dari orang orang yang mengalami gangguan mental ini dipengaruhi beberapa faktor contohnya dari lingkungan seperti keluarga, teman dan orang terdekat yang membuat pengalaman hidupnya menjadi buruk dikarenan suatu peristiwa tragis. 

Rizki menjelaskan seseorang bisa mengalami depresi, "Efek jangka panjang bisa menjadi depresi, karena tekanan atau stres berkepanjangan adalah salah satu faktor yang memengaruhi munculnya depresi pada seseorang dan membuat keputusasaan hidup membuat tidak stabil" terang Rizki.

Selain itu, kesehatan mental juga hal yang penting diperhatikan di lingkungan masyarakat. Masyarakat yang secara psikologis memiliki kesehatan mental yang baik akan membawa perubahan yang signifikan dan meningkatkan produktivitas lingkungan masyarakat tersebut. 

Pembangunan masyarakat yang memiliki kesehatan mental yang baik perlu dukungan dari berbagai pihak baik itu keluarga, sekolah, masyarakat dan pemerintah serta stakeholder di lingkungan tersebut. 

Kenapa hal ini penting ? Karena menurut saya dan kejadian yang saya alami selama ini sangat berpengaruh dikehidupan sehari hari, baik mental saya maupun kesehatan pola makan. 

Perlunya adanya dorongan suport dari orang terdekat untuk terus bisa melangkah kedepan, merasa kesepian setiap hari sudah menjadi makan setiap hari dan disaat itulah pikiran serta kondisi tubuh yang mulai tidak stabil bisa mengganggu diri kita.

Seseorang yang sedang mengalami gangguan mental ini biasanya melampiaskan ke hal hal yang terkadang merugikan dan bersifat senang sesaat, contohnya :

1. Merokok

2. Minum-minum beralkohol

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline