Lihat ke Halaman Asli

Sistem Informasi Berbasis Komputer

Diperbarui: 20 April 2016   00:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pengertian sistem informasi berbasis komputer

Jika berbicara masalah tentang teknologi pada zama sekarang teknologi sangat berkembang pesat. Dalam kehidupan sehari-hari manusia dapat dikatan pengguna peralatan atau teknologi berbasis komputer. Manusia sangat memerlukan yang namanya informasi untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Oleh karena itu banyak peneliti yang menciptakan berbagai berbagai macam alat yang berbasis komputer dan canggih yang ditujukan untuk memudahkan manusia dalam pengaplikasiaannya khususnya untuk mencari informasi.

Sebelum saya menjelaskan apa itu sistem informasi berbasis komputer saya akan menjelaskan satu persatu apa itu sistem dan informasi.

Sistem

sistem adalah kumpulan dari beberapa elemen atau komponen yang saling berkaitan dan mempunyai suatu tujuan dalam suatu lingkungan yang kompleks atau sistem bisa diartikan kumpulan dari beberapa elemen yang saling berintegrasi untuk mencapai tujuan tertentu.

Informasi

Informasi adalah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya lain dan perhatian sistem informasi bersumber dari dua pengaruh :

  1. Bisnis telah menjadi semakin rumit
  2. Komputer telah mencapai kemampuan yang semakin membaik.

Jadi dari pengertian diatas sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan suatu integrasi yang terorganisir antara teknologi perangkat keras dan perangkat lunak dengan manusia yang dirancang untuk menghasilkan suatu informasi yang akurat, berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu dalam mengambil suatu keputusan.

subsistem dari sistem informasi berbasis komputer itu sendiri dibagi menjadi 5 yaitu:

  1. Pengolahan Data Akuntansi. (Information Accounting System)
  2. Sistem Informasi Manajemen (Management Information System)
  3. Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System)
  4. Kantor Virtual (Virtual Office)
  5. Sistem Berbasis Pengetahuan (Knowlegde Based System)

Sistem informasi akuntansi

Sistem informasi akuntansi melaksanakan akuntansi dalam suatu perusahaan, aplikasi ini ditandai dengan penngolahan data yang tinggi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline