Lihat ke Halaman Asli

Akra Maratsya Eka Lawuna

Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Menumbuhkan Semangat Juang Anak-anak SB Kubu Gajah dalam Berpendidikan

Diperbarui: 13 Agustus 2023   22:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Belajar Akhlak dan Adab/dokpri

Belajar Bahasa Indonesia/dokpri

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya/dokpri

Akra Maratsya Eka Lawuna, Sri Rahayu R.Mantongi, Olliviyani Eka Dewanty

Kubu Gajah, 13 Agustus 2023-Setelah kita amati kurang lebih selama dua Minggu, kita dapat menyimpulkan bahwa ada beberapa anak yang semangat juangnya sangat tinggi dalam pendidikan ada pula yang hanya main-main. Dari sinilah, kita mengangkat judul tersebut. Sebenarnya, sebab mereka tidak memiliki semangat juang dalam berpendidikan itu bukan karena mereka malas akan tetapi ada beberapa hal. Salah satunya adalah faktor keluarga. Maka, kita disini sangat menyayangi mereka mengajar dengan tulus dan penuh kasih sayang. Kita didik benar-benar walau dengan waktu yang singkat ini, sebisa mungkin kita maksimalkan.

Semangat juang itu harus ada, harus tumbuh dalam diri seseorang. Ketika orang tersebut tidak memiliki semangat juang maka hasil yang dia kerjakan pun tidak maksimal. Atau hasilnya akan sia-sia. Semangat juang adalah kemauan yang tumbuh pada diri seseorang untuk melakukan sesuatu hal yang diinginkannya dengan sebaik baiknya yang bersifat kearah yang positif. Pekerjaan apapun tidak hanya dalam menuntut ilmu itu harus ada niat dan semangat yang luar biasa, agar hasilnya semaksimal mungkin.

Kondisi rumah ananda Dista setelah kebakaran/dokpri

Ada salah satu murid di SB Kubu Gajah yaitu ananda Dista yang semangatnya luar biasa dalam meraih pendidikan, walaupun keberadaannya  sangat memprihatinkan. Pada tanggal 3 Agustus jam 02:00 WM terjadi kebakaran pada kawasan rumah ananda Dista. Pada saat itu, orang-orang sibuk untuk menyelamatkan diri dan barang-barangnya. Akan tetapi, ananda Dista sibuk menyelamatkan tas dan alat tulisnya untuk sekolah. Begitu besar semangat juangnya dalam berpendidikan. 

Dan sangat menginspirasi bagi kita yang masih diberi kesempatan dalam berpendidikan dengan fasilitas yang sangat jauh lebih layak dan tidak memprihatinkan. Hal tersebut mengakibatkan ananda Dista mengalami hal trauma, dan sempat tidak masuk ke sekolah selama 2 hari. Pada tanggal 6 Agustus alhamdulillah ananda Dista telah kembali dalam mengikuti KBM seperti biasa. Kejadian tersebut tidak mengurangi rasa semangat juang dalam berpendidikan.

Begitu hebatnya dia, bisa tumbuh di dalam hatinya tentang semangat juang dalam berpendidikan. Hal tersebut, merupakan salah satu contoh anak SB kubu Gajah yang memiliki semangat juang dalam pendidikan sangat tinggi. Kita sebagai mahasiswa KKN sangat mengapresiasi atas semangat belajarnya.

Ada beberapa siswa yang semangat juang dalam pendidikan, dengan cara belajar sambil bermain. Salah satu contohnya adalah ketika kita memberi soal matematika dengan soal bergambar, ada pula dengan kita memberi pop up book atau auqmented reality. Karena merekalah yang sangat membantu kita dalam menumbuhkan semangat juang anak-anak SB Kubu Gajah.

Adapun cara-cara menumbuhkan semangat juang dalam pendidikan pada anak-anak SB Kubu Gajah:

1. Kenali karakter anak

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline