Lihat ke Halaman Asli

Oei Kiky M

Undergraduate Management Student

Mahasiswa KKN UNDIP Mengajak Pelaku Usaha UMKM di Pedurungan Lor untuk Beralih ke E-Payment serta E-Commerce

Diperbarui: 12 Februari 2022   15:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi Manajemen UMKM di Pedurungan Lor (03/02/2021)-Dokpri

Semarang (12/02/2021) Adanya pandemi Covid-19, memaksa masyarakat untuk mengurangi mobilitas untuk mencegah penyebaran virus tersebut secara masif. Dengan perubahan situasi pandemi yang menjadi kenormalan baru (new normal), hal ini dapat menjadi peluang dan momentum bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) beralih ke pembayaran digital dan E-Commerce sehingga mengakses pasar lebih besar lagi.

Dalam hal ini, pembenahan UMKM untuk digitalisasi bisa memperkuat daya saing pelaku usaha dimana dapat menyusul jaringan ritel modern. Transformasi digital menjadi cara bertahan melalui masa pandemi Covid-19 dan digitalisasi menjadi suatu kebutuhan bagi Pelaku UMKM. Penelitian dari Sea Insights menunjukkan bahwa pendapatan rata-rata UMKM di Indonesia yang mengadopsi e-commerce meningkat lebih dari 160% dengan peningkatan produktivitas mencapai 110%. Dimana pada masa pandemi ini, 45% pelaku usaha muda berjualan lebih aktif di platform e-commerce dan 1 dari 5 adalah pengguna baru e-commerce serta lebih dari 60% mengatakan bahwa mereka akan secara permanen meningkatkan penggunaan platform digital dalam bisnisnya. 

Dalam situasi sekarang ini, penggunaan platform digital oleh pelaku usaha dan masyarakat pengguna di tengah pandemi membantu ekonomi tetap berputar serta membantu percepatan transformasi ekonomi dan keuangan digital Indonesia. Hal ini menjadi semangat dari Mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 2021/2022, Oei Kiky Meliana, dalam membantu pengembangan Pelaku UMKM di wilayahnya yakni, RT 08/RW 04 Pedurungan Lor. Kontribusi yang dilakukan dalam mendukung pengembangan UMKM daerahnya ialah Sosialisasi Penggunaan E-Payment bagi Pelaku Usaha sebagai Solusi Pembayaran Aman dan Efektif di Masa Pandemi Covid-19 serta Pembinaan dan Manajemen UMKM di sektor E-Commerce melalui sistem OmniChannel.

Sosialisasi E-Payment bersama Pelaku Usaha RT08/RW04 (29/08/2022)-Dokpri

Program ini dilaksanakan dengan dua metode, pemberian booklet melalui Whatsapp dan bimbingan langsung kepada Pelaku Usaha terkait. Melalui program ini, diharapkan pelaku UMKM dan masyarakat dapat mengetahui berbagai macam E-Payment dan penggunaannya dalam transaksi sehari-hari untuk kemudahan serta efektifitas transaksi pembayaran. Bagi Pelaku UMKM yang kesulitan memasarkan produk secara online, mahasiswa membantu agar dapat memasarkan produknya melalui E-Commerce meskipun terdapat pembatasan kegiatan maupun mobilitas di daerah terkait dengan bantuan teknologi omnichannel.

Dosen Pembimbing Lapangan : Roro Isyawati P.G,S.IP,M.IP

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline