Lihat ke Halaman Asli

Story Nabi Ibrahim, Versi Abdul Ghany

Diperbarui: 17 Juni 2015   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14124817381821090798

pada masanya, nabi ibrahim tinggal bersama anaknya ismail dan istrinya..!!.mereka tinggal bersama hidup rukun pada saat itu,, namun saat itu ismail masih remaja yang baru tumbuh dan akan menjadi dewasa, ia agak nakal dimana kita pahami bahwa " kenakalan itu adlah hal yang wajar ketika anak anak saat berumur remaja"...!!

ismailpun tumbuh besar,,, besar dan beranjak dewasa, akan tetapi, ismail saat itu masih sedikit nakal juga, dan agak sadar-sadar mi sdikit....! sang ayahpun selalu memikirkan anaknya yang nakal,.!! sang ayah kemudian sujud meminta pertolongan kepada yang maha kuasa agar anaknya di beri petunjuk dan dihilangkan sifat kenakalannya karena anaknya akan tumbuh dewasa...!! si ismailpun dengan tidak sengaja mendengar do'a ayahnya....!! termenunglah ismail di dalam kamar, memikirkan kesalahan2 yang telah iya perbuat semasa remaja,,,,!!

keesokan harinya sang ayahpun bermimpi bahwa untuk menghilangkan sifat kenakalan dan hal-hal yang tidak baik pada anaknya adalah dengan cara menyembelih anaknya...!! di ceritakanlah mimpi itu ke anaknya ismail...!! Hey,, ismail, semalam ayah bermimpi kalau ayah harus menyembelihmu untuk menghilangkan kenakalanmu dan menjadikanmu manusia yang baik....!! ismailpun dengan iklas menjawab "jika itu adalah satu satunya cara yang bisa dilakukan untuk menjadikanku manusia yang baik maka lakukanlah ayah" sambil menangis ismail berkata pada ayahnya...!! melihat dan mendengar perkataan itu ayahnyapun ikut meneteskan airmata...!!

takala hari itu tiba, ismail dengan iklas menyerahkan diri untuk di sembelih oleh ayahnya,,,!! allahuakbar.....!! disembelihlah ismail dengan cara menutup lehernya dengan daun pisang agar ketika sang ayah menyembelih tidak melihat darah yang akan berseraka di tanah.....!!
Ternyata setelah di sembelih nabi ibrahim membuka daun pisang itu dan melihat, ternyata yang disembelih itu bukan anaknya melainkan seekor kambing...!

dan kemudian sujudlah syukurlah Nabi ibrahim kpadayang maha kuasa, ketika melihat anaknya disebelahnya berdiri melihatnya....!!! ketika ismail ditanya "mengapa kau bisa ada disitu? sementara tadi aku menyembelihmu nak" sang anak menjawab, "ini adalah kuasa allah dan saya tidak tau kejadiannya seperti apa ayah".....
setelah saat itu berubahlah ismail menjadi anak yang baik soleh dan tidak nakal dan iya tampak sepeti ayahnya yang selalu iklah menghadapi hidup..! karena sebenarnya yang disembelih tadi adalah sifat nakal yang ada pada nabi ismail yang di anggap seperti sifat kebinatangan "bukan sifat yang ada pada manusia".

Jadi, ketika nabi ibrahim ingin memotong menyembelih anaknya sebenarnya adalah untuk menghilangkan keburukan sifat2 tidak baik yang menyerupai binatang yang ada pada anaknya...!! Untuk itu kisah ini haruslah menjadi contoh kepada kita semua agar tidak menjadi anak nakal, dan menghilangkan sifat kebinatangan yang ada pada manusia,,,,!!

selamat menjalani hari raya kurban,,,!!
Ikhlaslah dalam menjalani hidup sebagai bentuk kurban...!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline