Lihat ke Halaman Asli

OCA KOSASI

Mahasiswa Universitas Siliwangi

Pentingnya Pendidikan Agama bagi Mahasiswa

Diperbarui: 11 Oktober 2022   07:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar diambil dari fokusjabar.id

Di lembaga pendidikan, pendidikan agama harus menanamkan ajaran agama moderat (alhanifiyyah al-samhah), agama damai (din rahmah), bukan agama kekerasan dan ekstremis sampai sekarang. 

Untuk positioning pendidikan agama, tidak cukup hanya fokus pada ritual, ritual, simbol dan rangkaian ritual kebaktian formalistik lainnya. Meskipun pendidikan agama juga merupakan bagian penting dari agama, namun tidak dapat disamakan dengan pendidikan dalam bentuk. 

Pendidikan agama adalah upaya mengembangkan peserta didik untuk meyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan agamanya melalui kegiatan pembelajaran yang berkesinambungan. 

Oleh karena itu, informasi materi pendidikan agama harus mencerminkan sifat toleransi dan humanisme. Universitas masih dianggap sebagai cara untuk sukses di dunia. Banyak orang di zaman sekarang ini yang rela mengorbankan segalanya untuk kuliah.  Setelah bisa kuliah tak sedikit yang menghabiskan seluruh waktu, tenaga, dan biaya untuk segala urusan kuliah. Beberapa orang memang bisa saja meraih kesuksesan dengan jalan seperti itu, namun tentu tidak semuanya.

Banyak mahasiswa yang hanya terfokus pada urusan kuliah saja ketika sedang menghadapi masalah justru mengalami depresi. Hal ini bisa diakibatkan karena kurang seimbangnya pendidikan formal dan informal. Disinilah peran pendidikan agama sangatlah penting. Dengan ilmu agama seseorang akan dibekali dengan kemampuan dalam menghadapi masalah dengan benar. Antara lain :

1. Terhindar dari Pergaulan yang Buruk

Perguruan tinggi adalah tempat yang sangat bergejolak di mana mahasiswa tidak selalu akur. Hal ini dapat menyebabkan para mahasiswa yang tidak memiliki ilmu agama tumbuh dengan akhlak yang buruk. Orang-orang dengan mudah bergaul satu sama lain dan ini membawa mereka ke jalan yang buruk. Kehidupan orang-orang dapat dipengaruhi secara negatif oleh banyak dari mereka. Jika orang tidak membangun diri mereka sendiri, mereka akan jatuh.

2. Seimbang Antara Dunia dan Akhirat

Sekarang sudah banyaknya tempat kuliah agamis yang bisa anda semua manfaatkan untuk menimba ilmu di perkuliahan sesuai dengan keinginan Anda tetapi tetap diimbangi dengan ilmu agama yang cukup mumpuni. Dengan menimba ilmu agama selama kuliah maka Anda akan selalu terlindungi dari segala godaan nafsu dan maslahat duniawi yang menjerumuskan kepada jalan yang merugikan.

3. Mampu Menjaga Diri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline