Lihat ke Halaman Asli

ocadion priambodo

mahasiswa tingkat akhir

Ramaikan Peringatan Idul Adha, Mahasiswa KKN pulang kampung UM Gelar Lomba Edukatif

Diperbarui: 21 Juli 2021   20:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN UM TAHUN 2021 Di Desa Wonorejo kec. Wates Kab. Kediri

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, mahasiswa KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang Desa Wonorejo berkejasama dengan pemerintah Desa setempat untuk melaksanakan kegiatan lomba-lomba tingkat desa. Jenis lomba yang diadakan terbagi menjadi dua, yaitu lomba permainan tradisional dan lomba Islami.

KKN UM TAHUN 2021 Di Desa Wonorejo kec. Wates Kab. Kediri

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17-18 Juli 2021. Bertempat di balai Desa Wonorejo. Lomba ini menyasar kepada tiga TPQ di Dusun Beji Desa Wonorejo. Tiga TPQ yang mengikuti kegiatan perlombaan tersebut antara lain TPQ Al-Amin, TPQ Al-Irsyad dan TPQ Al-Faruq. Masing-masing TPQ mendelegasikan 10 santri  untuk mengikuti berbagai perlombaan yang diadakan.

KKN UM TAHUN 2021 Di Desa Wonorejo kec. Wates Kab. Kediri

Pada hari pertama perlombaan, para santri mengikuti lomba permainan tradisional yang meliputi lomba memasukan paku ke dalam botol, lomba bola corong, lomba balap karung dan lomba kepruk balon. Kemudian perlombaan pada hari kedua meliputi lomba adzan, lomba tartil dan lomba menyanyi lagu Islami. Setelah perlombaan selesai dilanjutkan dengan pengumuman pemenang pada masing-masing perlombaan. Meskipun diadakan pada saat pandemi Covid-19, para mahasiswa KKN tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat dan membatasi jumlah peserta, sehingga tidak menimbulkan kerumuman. Sebelum masuk ke Balai Desa Wonorejo seluruh panitia dan peserta diwajibkan untuk menggunakan masker dan handsanitizer yang telah disediakan.

KKN UM TAHUN 2021 Di Desa Wonorejo kec. Wates Kab. Kediri

Selain untuk memperingati Hari Raya Idul Adha, tujuan kegiatan ini adalah mengadakan lomba yang edukatif, kompetitif dan menyenangkan bagi santri-santri di Dusun Beji Desa Wonorejo. Selain itu, mahasiswa KKN juga ingin memberikan apresiasi kepada para santri yang telah menuntut ilmu agama hingga saat ini. Harapannya setelah mengikuti beberapa perlombaan para santri menjadi lebih semangat dan kompetitif dalam belajar ilmu agama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline