Lihat ke Halaman Asli

Babang Choco

Pengangguran

Tools Wajib Menuju Digital Branding

Diperbarui: 30 November 2018   14:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kurang lengkap rasanya suasana pagi tanpa aroma kopi,  untuk melengkapi maka keberadaan Si Inem begitu berarti. ***(sedikit lantang)Inem tolong buatkan kopi manis yaa... tapi manisnya jangan kelewatan. Begitu kira-kira cara mudah menikmati suasana pagi tanpa ditemani istri. Kejujuran adalah aset berharga yang harus dijaga, tujuannya supaya tetap terlihat seperti eksekutif muda. ***berkedip 

Sepenggal narasi pengantar yang kurang lebih untuk mendramatisir suasana,  karena memang kenyataan begitu hampa tanpa polesan skenario seorang sutradara. 

Tahukah apa yang dimaksud dengan digital branding? Untuk mempermudah mari kita telusuri bersama. 

Hadirnya internet sebagai sebuah media komunikasi memberikan beragam keuntungan kepada para pengguna, termasuk untuk melakukan Digital Branding. Digital branding merupakan identitas merek yang digunakan suatu produk atau perusahaan secara online, yang berbeda dengan merek tradisional.

Sedangkan suatu proses di mana seseorang dapat menemukan kesesuaian konsep diri dengan citra tertentu, dan menjadi sebuah identitas, yang disebut Self Branding atau Personal Branding, sangatlah dipengaruhi oleh reputasi serta persepsi orang terhadap kita. 

Self Branding menjadi kebutuhan di era digital, dan beberapa perusahaan membangun Digital Branding dimulai dari Self Branding karyawannya (sumber:Binus University).

Pendekatan teknologi merupakan kebutuhan untuk meningkatkan nilai terhadap persepsi, baik persepsi pribadi maupun persepsi pada pandangan umum.  Untuk mempermudah maka dibutuhkan tools sebagai sarana untuk mengaktualisasi. 

Aplikasi sederhana pada gadget android ini sangat membantu untuk membuat digital branding. Aplikasi LiveBoard misalnya khusus digunakan untuk melakukan presentasi online melalui media jaringan internet, didalamnya tersedia beberapa tools baik tulisan, gambar, video  atau grafis untuk memvisualkan ide, gagasan dan berbagai macam tema untuk menambah nilai produk dalam rangka mengemas karakter menjadi identitas yang unik. 

Masih banyak aplikasi-aplikasi android lainnya yang dapat digunakan untuk membuat digital branding,  tergantung masing-masing individu bagaimana mengemas karakternya kedalam digital branding baik untuk tujuan pribadi maupun untuk kebutuhan bisnis. 

Digital branding pada dasarnya sebagai media untuk mengkomunikasikan pesan yang tersimpan dibalik visi dan misi seseorang atau organisasi dalam mempublikasikan apa yang menjadi tujuannya. 

Melalui tools tersebut dapat mempermudah penyampaian pesan karena berupa informasi digital baik berupa video, gambar,  desain grafis maupun berupa tulisan. Semakin banyak referensinya semakin banyak juga tema digital branding yang dapat dipublikasikan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline