Lihat ke Halaman Asli

Obed Antok

Tukang tulis

Sumber Air Ngrancah, Kaliwungu: Kunci Suburnya Lahan Pertanian

Diperbarui: 25 Agustus 2024   07:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anak-anak Bermain di Sumber Air Ngrancah / dok.pri

Ketika kami mengunjungi Dusun Gender di Kaliwungu (24/08/2024), saya diajak untuk berkeliling wilayah tersebut. Salah satu tempat yang kami kunjungi adalah sumber air di Ngrancah. 

Di sana, mata kami dimanjakan oleh hamparan luas tanah pertanian yang membentang. Panorama ini sangat indah, dengan sawah-sawah hijau, dan hamparan padi yang mulai menguning menandakan bahwa musim panen sudah tiba. Beberapa area tampak sibuk dengan aktivitas para petani yang sedang memanen padi.

Sumber Air Ngrancah dan Pertanian

Sumber air Ngrancah terletak di Desa Udanwuh, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, memainkan peran penting dalam mendukung produktivitas pertanian serta kesejahteraan masyarakat setempat. 

Dengan debit air mencapai 86 liter per detik, sumber ini menjadi andalan utama untuk sistem irigasi dan pasokan air bersih, yang juga dikelola oleh PDAM Kabupaten Semarang.

Keberadaan sumber air Ngrancah sangat penting tidak hanya sebagai penyedia air untuk pertanian, tetapi untuk kebutuhan sehari-hari warga.

Kaliwungu dikenal sebagai wilayah dengan tanah subur yang sangat ideal untuk pertanian, khususnya padi, dan sayur mayur. Sumber air Ngrancah mampu mendistribusikan air yang merata ke seluruh lahan pertanian, sehingga para petani dapat mengoptimalkan hasil panen mereka.

Pentingnya Sumber Air Ngrancah dalam Pertanian

Penduduk desa Udanwuh mayoritas bekerja sebagai petani dan peternak. Dari total luas wilayah desa sebesar 58,69 hektar, lebih dari 50% digunakan untuk lahan pertanian. Sedangkan untuk Kecamatan Kaliwungu petani yang mengandalkan irigasi (2023) mencapai 1047,41 Ha. 

Sepanjang perjalanan dari Kaliwungu menuju lokasi wisata, pengunjung dapat melihat aktivitas petani, seperti memanen hasil pertanian, mereka yang mencari rumput untuk ternak, dan aktivitas petani mengolah lahan.

Aktivitas Petani di Kecamatan Kaliwungu sedang Memanen Padi/dok.pri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline