Generasi muda yang tumbuh besar di zaman modern banyak yang memilih untuk berbisnis dan menjadi bagian dari masyarakat yang mau berinovasi dan mengembangkan ide kreatif. Ternyata keberadaan berwirausaha dari generasi muda mampu memberikan dampak positif bagi dirinya serta kepada orang lain.
Adanya peningkatan jumlah pewirausaha maka dapat mempengaruhi juga suatu kemajuan ekonominya. Hal tersebut dikarenakan pewirausaha adalah orang-orang yang berani dan mau mengambil resiko dengan menyediakan jasa atau menciptakan suatu produk dengan menggunakan modal, bahan, tenaga kerja, ide atau inovasi, dan mendapatkan keuntungan. Maka akan menjadi ide yang baik jika semangat berwirausaha ini semakin dikembangkan ke masyarakat luas terutama generasi yang berusia muda.
Generasi muda memiliki karakter yang mampu tampil beda, inovatif, berpikir kreatif, dan modern. Generasi muda yang memiliki antusiasme yang besar, menjadikan peluang untuk memberikan keuntungan tersendiri, menciptakan ide-ide baru, mewujudkan ide tersebut menjadi sebuah solusi bagi masyarakat, meningkatkan keterampilan, dan menciptakan peluang termasuk menciptakan lapangan kerja.
Wirausaha atau berbisnis yang penuh tantangan, ketidakpastian, dan berisiko tentu perlu beberapa hal dalam diri pelaku bisnis untuk mampu menjalani perannya dengan baik.
Pewirausaha haruslah berani mengambil risiko, mau untuk belajar, terbuka dengan saran dan kritik yang membangun, dapat menemukan ide dan mengimplementasikan idenya ke dalam bentuk jasa atau produk, mampu berkomunikasi dan menjalin relasi dengan berbagai jenis individu dan komunitas, disiplin dalam bekerja, memiliki integritas yang baik, dapat memanajemen waktu, mampu menjadi bagian dari organisasi dan berperan dengan baik didalamnya.
Alasan Generasi Muda untuk Berwirausaha, Generasi muda sebagai generasi yang cerdas dalam di dalam era yang sudah berbasis teknologi, maka dapat menggunakan teknologi tersebut untuk bersosialisasi, berbuat kebaikan dan berbisnis.
Dalam dunia bisnis, teknologi mampu untuk membantu dalam pengelolaan bisnis, bisnis menjadi lebih efisien, mempermudah suatu transaksi, dan kegiatan berbisnis membuat menjadi lebih nyaman baik untuk pelaku bisnis maupun para pelanggan.
Generasi muda juga banyak berpikiran lebih terbuka karena adanya kemudahan akses informasi dari berbagai media dan sumber, sehingga mampu membuka sudut pandangan dari sisi yang berbeda. Kemampuan ini mampu menciptakan suatu ide dan rencana bisnis yang lebih kreatif, tak terduga, dan mampu lebih memberikan solusi untuk masyarakat. Selain itu, generasi muda mampu untuk mengambil risiko dari tindakannya tetapi dengan perhitungan dalam bersikap.
Generasi muda memiliki minat untuk berwirausaha biasanya dimulai dari kesadarannya yang memiliki bakat/fasion karena tertarik dan merasa senang untuk menjalaninya, serta mempunyai rasa ingin mencoba, menguji keterampilannya dan bereksplorasi dan menambah penghasilan. Usaha yang dilakukan generasi muda sering dijumpai mulai dari usaha online shop, produk kecantikan, marketing plan, kuliner.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H