Lihat ke Halaman Asli

Tidak Akan Tertipu Lagi oleh Online Shop!

Diperbarui: 7 Oktober 2015   07:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kemajuan teknologi yang sangat peset pada saat ini mempermudah manusia dalam banyak hal Instagram merupakan salah satu kemajuan teknologi saat ini. Instagram media sosial yang cukup banyak digunakan saat ini, dilansir dari jurnal sejarah instagram, Instagram muncul pada bulan oktober 2010. Media sosial instagram selain tempat untuk membagikan foto dan video, instagram juga di manfaatkan sebagai tempat jual beli atau disebut online shop. Online shop yang ada pada new media atau salah satunya instagram, dapat mempermudah manusia dalam berbelanja. Keuntungan dalam berbelanja di online shop yaitu pembeli tidak perlu datang ke mall atau pusat perbelanjaan lainnya, hanya dengan membuka smartphone mereka dan mebuka situs online shop yang ada di instagram atau di media sosial lainnya. Namun berbelanja online juga memiliki resiko yaitu penipuan.

Penipuan berkedok online shop pada saat ini sering terjadi, hal tersebut terjadi karena kita sebagai pembeli tekadang langsung percaya dan tanpa mengecek terlebih dahulu dengan teliti online shop tersebut benar atau bohong. Agar kita tidak tertipu dengan online shop gadungan ada tips yang mungkin bisa menghindari kita dari penipuan oline shop, pertama sebelum memesan barang yang ingin kita beli kita cek terlebih dahulu komentar pembeli atau cek testimoni dari pembeli ebelumnya apakah mereka senang dan puas dengan barang yang dibeli pada online shop tersebut, yang kedua jika anda sudah percaya dengan online shop tersebut dan ketika transfer uang terjadi cek juga apakah nama pada nomor rekening yang diberikan sama dan alamat yang diberikan sama, dan jika tidak sama maka kita harus menanyakannya lagi kepada orang yang punya oline shop. jika nama dan alamat sama maka tinggal menunggu barang sampai, selama menunggu barang datang lebih baik jika meminta nomor resi pengiriman dari agen online shop tersebut. Jika kurang yakin dengan online shop tersebut Karena barang yang anda beli belum sampai anda cek agen pengiriman barang deengan nomor resi yang diberikan oleh agen online shop tersebut, jika barang sudah di tangan maka anda tidak tertipu dan online shop tersebut memang benar-benar online shop yang terpercaya.

Dalam buku Littlejhon pada teori atribusi Fritz Heider , teori ini menyatakan bahwa penyebab dari seseorang melakukan hal atau perilakunya karena perkembangan media dan pengaruh lainnya yaitu keinginan sendiri,pengaruh lingkungan, kemampuan, hasrat, keterlibatan. Jika dikaitkan dengan masalah penipuan yang dilakukan di instagram tersebut terjadi karena orang yang melakukan penipuan tersebut memiliki hasrat untuk menipu orang dengan mengambil keuntungan yang banyak melalui penipuan tersebut, hal tersebut juga karena perkambangan media yang sangat cepat dan satu lagi yaitu pengaruh lingkungan, karena pengaruh lingkungan.(Littlejhon,2014:102)

Jadi agar tidak tertipu pada saat kita berbelanja pada online shop lebih baiknya kita mengecek dengan benar-benar online shop tersebut dan karena perkembangan media yang sangat cepat menyebebkan malas untuk berbelanja secara langsung. Kita harus mengurangi berbelanja di online shop agar tidak terkena penipuan oline shop ysng tidsk bertanggung jawab.

 

Daftar pustaka:

Littlejhon Stephen W dan Karen A. Foss.2014.teori komunikasi.jakarta.salemba humaniska.

Dikutip dari http://e-journal.uajy.ac.id/4454/3/2KOM03387.pdf 27 september 2015 pukul 21:31

Sumber ilustrasi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline