Lihat ke Halaman Asli

Nydia AmandaHafidza

Mahasiswa Universitas Brawijaya

Mahasiswa MMD UB 2024 Bantu Kembangkan Kreativitas dan Keterampilan Motorik Halus Siswa Kelas Dua dan Tiga SDN 4 Baturetno, Singosari, Kab. Malang

Diperbarui: 6 Agustus 2024   17:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Singosari, 23 Juli 2024 – Kelompok 14 Mahasiswa Membangun Desa (MMD) Universitas Brawijaya (UB) 2024 sukses melaksanakan kegiatan “Pengembangan Kreativitas Anak melalui Program Menggambar dan Mewarnai” di SDN 4 Baturetno. Program ini bertujuan untuk membantu anak-anak mengekspresikan perasaan dan ide-ide mereka melalui seni, mengembangkan keterampilan motorik halus, serta memotivasi mereka untuk lebih berpartisipasi dalam kegiatan kreatif.


Kegiatan ini dimulai dan dipandu oleh Nydia Amanda Hafidza, penanggung jawab program kerja ini, dengan mencairkan suasana kelas dahulu sebelum memulai kegiatan melalui sesi bernyanyi bersama yang diikuti dengan antusias oleh anak-anak. Setelah suasana kelas mencair, kertas bergambar yang siap untuk diwarnai dibagikan kepada anak-anak. 

Mereka diberi kebebasan untuk mewarnai sesuai dengan kreativitas dan imajinasi masing-masing tanpa dibatasi aturan warna tertentu. Hal ini bertujuan untuk melatih pengembangan kreativitas anak-anak dalam mengekspresikan seni yang ada di dalam diri mereka. Anak-anak mengerjakannya dengan cukup kondusif dan mengikuti instruksi yang diberikan dengan baik sepanjang kegiatan mewarnai berlangsung.

Anak-Anak Menggambar dengan Kondusif //Dok. Pribadi


Setelah selesai, hasil gambar dikumpulkan dan dinilai. Beberapa anak dengan hasil gambar terbaik mendapatkan hadiah sebagai bentuk penghargaan atas kreativitas mereka. Namun, tidak hanya anak-anak dengan gambar terbaik saja yang mendapat hadiah. Seluruh anak-anak yang ikut mewarnai mendapatkan snack sebagai bentuk apresiasi dan tanda terima kasih atas partisipasi mereka dari awal hingga akhir kegiatan.

Anak-Anak dengan Gambar Terbaik //Dok. Pribadi


Sebelum kegiatan benar-benar berakhir, anak-anak diberi kesempatan untuk menulis kesan dan pesan mereka di sticky notes. Mereka bebas mengekspresikan perasaan mereka terhadap kegiatan yang telah mereka ikuti. Sebagian besar kesan dan pesan yang dituliskan anak-anak sangat mengharukan. Mereka memberikan umpan betapa senangnya mengikuti kegiatan ini. Bahkan, beberapa anak secara langsung menyampaikan keinginan mereka agar Amanda kembali datang esok hari untuk melakukan kegiatan ini lagi di kelas mereka.

Tulisan Sticky Notes Anak-Anak //Dok. Pribadi

“Kak Amanda besok ke sini lagi ya.” Ujar salah satu siswa.

Dibalik aktivitas mewarnai yang menyenangkan ini, anak-anak mendapat manfaat yang signifikan dalam melatih motorik halus mereka. Melalui kegiatan mewarnai, anak-anak belajar mengontrol gerakan tangan dan jari mereka sehingga membantu perkembangan keterampilan yang memerlukan ketepatan dan koordinasi antara tangan dengan mata.

Menggambar Menggunakan Beberapa Media //Dok. Pribadi

Kegiatan ini tidak hanya meninggalkan kesan mendalam bagi anak-anak, tetapi juga diharapkan dapat membantu pengembangan kreativitas mereka secara tidak langsung. Selain itu, adanya program ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pihak sekolah untuk terus mendukung dan menyediakan ruang bagi anak-anak dalam mengekspresikan kreativitas mereka.

Foto Bersama Sebelum Kegiatan Berakhir //Dok. Pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline