Lihat ke Halaman Asli

nwidiya

Digital Marketing_Content Writing_SEO

Personal Branding: Pengertian, Manfaat, Tujuan, Cara Membangunnya

Diperbarui: 8 September 2023   08:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Personal Branding_nwidiya

Apa yang terlintas dalam pikiran kamu jika mendengar istilah "Personal Branding"? Pasti sebagian besar dari kamu pernah mendengar kata tersebut, namun perlu digarisbawahi bahwa personal branding tidak hanya untuk seorang pemilik atau sebuah bisnis saja lho...Melainkan individu juga sangat memerlukan untuk membangun personal branding yang baik.


Apa tujuannya? Mengapa personal branding diri sendiri itu penting? Untuk lebih memahaminya, mari simak penjelasan berikut.

Apa Itu Personal Branding
Personal branding secara luas dapat didefinisikan sebagai sebuah persepsi seseorang terhadap seorang individu tentang nilai dan kualitas individu serta cerminana dari apa yang diyakini dan diungkapkan oleh individu melalui apa yang mereka lakukan (Rampersad, 2015).

Personal branding mengacu pada proses strategis untuk menciptakan, memposisikan, dan mempertahankan citra diri berdasarkan kombinasi unik dari karakteristik seorang individu (Gorbatov et al.,2018).

Singkatnya personal branding adalah bagaimana cara kamu mempromosikan diri kamu. Bagaimana kamu bisa tampil menonjol dari orang lain yang melakukan hal yang sama seperti kamu. Ini tentang memposisikan diri kamu sebagai ahli di bidang tertentu dan membangun citra yang dapat dibangun dengan memperlihatkan keterampilan atau skills, pengalaman, dan kepribadian yang kamu inginkan agar dunia melihat kamu. 

Personal branding adalah persepsi yang tercipta dibenak orang saat mendengar nama kamu.

Mengapa Personal Branding itu Penting
Saat ini dapat dilihat persaingan menjadi sangat kompetitif dalam berbagai hal Baik dalam bisnis maupun pekerjaan.  Pada kasus dalam dunia bisnis, personal branding dapat membantu kamu menciptakan kepercayaan dan loyalitas konsumen dank lien. Personal branding seperti ini juga banyak digunakan oleh selebriti untuk mempengaruhi citra public terhadap mereka. Contohnya saja, saat saya menyebut bahwa dia seorang komedian yang rada bolot tapi pendengarannya berfungsi baik jika wanita cantik yang berbicara, siapa dia? Kamu pasti bisa menjawab bukan? Itu adalah contoh singkat personal branding.

Jika kamu adalah pencari kerja, membangun personal branding dapat membantu kamu untuk membangun keunggulan kompetitif dibandingkan kandidat lain sesama pencari kerja seperti kamu.

Apapun tujuan kamu, personal branding dapat membantu kamu untuk mencapai tujuanmu. Dibawah ini adalah alasan mengapa persona branding itu menjadi penting.

Memungkinkan untuk membuat kamu terlihat unggul dan berbeda dari orang lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline