Product placement atau disebut juga embedded marketing strategy adalah teknik pemasaran di mana suatu produk atau layanan dipamerkan dalam beberapa bentuk media, seperti acara televisi, film, atau video musik.
Bagaimana cara kerja Product placement?
Product placement berfungsi dengan menampilkan item dan layanan di luar konteks iklan tradisional. Saat blok iklan TV muncul di tengah acara, atau iklan spanduk muncul di bagian atas situs web, orang memahami bahwa mereka melihat iklan berbayar tradisional. Tetapi ketika orang menonton promosi berbayar yang ditempatkan dengan hati-hati dalam suatu film atau acara televisi, mereka bahkan mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang melihat iklan. Disadari atau tidak oleh audiens, penempatan visual produk dimaksudkan untuk menarik perhatian audiens dan memengaruhi keputusan pembelian mereka di masa mendatang.
1. Meningkatkan visibilitas dan kesadaran merek. Product placementmembuat suatu barang dan jasa diingat oleh lebih banyak konsumen potensial. Saat mereka menemukan produk dalam suatu film, produk tersebut akan mendapatkan banyak peluang untuk membuat kesan yang halus.
2. Memperkuat kesadaran merek yang positif. Penempatan yang cerdas dalam memamerkan produk , tetapi melakukannya tanpa mengganggu pengalaman menonton seseorang. Sebaliknya, iklan tradisional berpotensi mengganggu pelanggan , menciptakan asosiasi merek negatif. Bahkan penempatan produk yang paling mencolok pun masih terasa lebih organik daripada iklan tradisional karena tidak menempati ruang iklan tradisional; itu muncul sebagai bagian dari konten lain.
Berikut contoh product placement pada sebuah drama korea Descendant Of The Sun. Untuk kalian yang sudah pernah menonton drama tersebut boleh sambil meningat kembali apa saja produk yang kalian lihat di drama tersebut.