Lihat ke Halaman Asli

Demianus Nahaklay

TERVERIFIKASI

Announcer

Forgive but Not Forget, Bukan Sebuah Tindakan Bijaksana

Diperbarui: 10 Agustus 2024   17:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : Screeshot: Akun Kompasiana.com


"Forgive But Not Forget" Bukan Sebuah Pendekatan  Bijaksana

Dari laman https://elohim.id, ada sebuah ilustrasi tentang seorang lelaki miskin yang sedang berjalan pulang dengan susah-payah, sambil memanggul sebuah karung besar berisi kentang.

 Akhirnya melintaslah sebuah kereta kuda di jalan itu, dan si pemilik kereta mengundang pria tersebut untuk naik ke kereta. 

https://www.freepik.com/

Setelah naik, pria tersebut duduk sambil terus memanggul karung bawaannya yang berat itu. Ketika si pemilik kereta menyuruhnya menurunkan karung itu dan meletakkannya di atas kereta, lelaki itu menjawab, "Saya tidak ingin terlalu merepotkan Anda, Pak.

 Anda sudah memberi saya tumpangan, maka biarlah saya tetap memanggul karung berisi kentang ini."Ilustrasi ini mirip dengan topik diatas, sudah diatas kereta seharusnya meletakan beban dan penderitaan yang ia hadapi tetapi  justru masih memikirkan pemilik kereta yang dengan rela menolongnya.

Dalam kehidupan, kita sering kali menghadapi situasi di mana kita disakiti atau dikhianati oleh orang lain. Ketika hal ini terjadi, muncul dilema antara memaafkan atau tetap memendam perasaan negatif. 

Ungkapan Forgive But Not Forget "(memaafkan tetapi tidak melupakan)" sering kali diutarakan sebagai solusi untuk situasi semacam ini. 

Tetapi apa apakah dampak yang akan terjadi jika  memaafkan tanpa melupakan,? Nabi Yesaya berkata: "jangan mengingat hal-hal yang dahulu, ataupun merenungkan hal-hal di masa lalu."

Makna Memaafkan

Memaafkan adalah proses melepaskan perasaan dendam, marah, atau kebencian terhadap seseorang yang telah melakukan kesalahan. Ini bukan berarti kita setuju atau menerima perbuatan buruk yang dilakukan, tetapi lebih kepada melepaskan beban emosional yang kita rasakan. 

Memaafkan adalah tindakan yang memerlukan kebesaran hati, karena tidak semua orang mampu melakukannya dengan mudah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline