Lihat ke Halaman Asli

Terlambat Waktu Menjadi Ancaman Tersembunyi bagi Keharmonisan Hubungan Sosial

Diperbarui: 21 November 2023   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Terlambat Waktu Menjadi Ancaman Tersembunyi Bagi Keharmonisan Hubungan Sosial"https://www.pexels.com/photo/close-up-of-a-watch-on-a-man-s-wrist-105618

"Terlambat Waktu Menjadi Ancaman Tersembunyi Bagi Keharmonisan Hubungan Sosial"

Ketika anda melewati sebuah toko yang terpampang berbagai merek jam dinding, jam tangan untuk pria dan Wanita dan berbagai merek dari merek terkenal sampai merek yang dijual dengan pasar dengan harga rendah.  Memang ada jam tangan yang dirancang dengan sangat baik, sehingga memberikan kesan tampilan yang luxury ketika seseorang memakainya. Sebagian orang menganggap bahwa jam tangan mahal dapat meningkatkan status sosial seseorang. Beberapa orang juga menjadikan jam tangan mahal dari brand ternama sebagai alat investasi (www..bibli.com). Bagi sebagaian orang, memakai jam tangan bukan melulu soal waktu. Jam tangan adalah bagian dari busana. Ia hadir sebagai aksesoris dan statement dari si pemakai. Karakter seseorang sedikit banyak akan terlihat dari pemilihan jam yang dia pakai.

Awal mula saya menerima hadiah jam tangan dari bapak majikan. Saya rasa benar-benar bangga bisa pakai jam tangan, hati senang bisa pakai jam tangan yang  sudah lama saya ingin memiliki . Dari ulasan ini saya mau memberikan masukan bahwa baik jam tangan, jam dinding, bermerek internasional sekalipun pada akhirnya semua memiliki fungsi sebagai penunjuk waktu. 

Pada suatu hari,  ada seorang bapak yang tepat waktu menunggu dengan sabar di ruang pertemuan ibadah, sementara temannya yang suka terlambat belum kunjung tiba. Sejak awal bapak ini penuh kesabaran, berpikir positif , tetapi seiring berjalannya waktu, perasaan gelisah mulai mulai berkecamuk di hatinya dan menjadi kecewa. Hati yang penuh kesabaran  berubah menjadi  kecewa karena bosan. pada akhirnya ia mengambil sikap keluar dari ruangan ibadah dan pulang menuj ke rumahnya.  

Bagi mereka yang tepat waktu, bukan hanya kualitas pribadi, tetapi juga bentuk penghargaan terhadap waktu orang lain.  Mereka yang tepat waktu memahami nilai waktu sebagai sumber yang tidak dapat dikembalikan, mereka yang sering terlambat dapat meremehkan waktu orang lain dan menciptakan ketegangan dalam hubungan dengan sesamanya. pernahkah saudara pembaca punya pengalaman seperti ini dalam hal menunggu seseorang dalam waktu yang relatif lama?  Pasti bosan bukan ? Pertanyaannya adalah:

Apa alasannya mengapa orang selalu terlambat dan suka meremehkan waktu? 

Dilansir Live Science, kebiasaan terlambat dapat disebabkan beberapa factor seperti persepsi waktu, menajemen waktu, dan kepribadian.  Kenapa orang selau telambat? Jawabannya adalah :

  • Pengaruh Mekanisme Otak
  • Familiar dengan Tempat Tujuan
  • Salah Estimasi Waktu Siap-siap
  • Music dan factor lingkungan yang lain
  • Multitasking

Agar menghindari teman, kerabat kecewa atas keterlambatan kita, Pacie menyarankan untuk setiap orang mengatur  alarm dan pengingat di ponsel atau jam  weker. Tetapkan batas waktu pribadi sebelum kegiatan di mulai sehingga kebiasaan terlambat bisa dihindari sedemikain rupa agar  tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain. Semoga bermanfaat

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline