Lihat ke Halaman Asli

Manfaat BPJS Kesehatan: Pengalaman Pribadi dalam Menjaga Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga

Diperbarui: 4 November 2023   09:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi:https://www.pexels.com/photo/mother-smiling-looking-at-newborn-child-3279203/

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan hal yang sangt penting. Hal ini kerena dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar dapat mencegah tubuh terserang penyakit hingga kita dapat tetap menjalankan aktivitas sehari-hari (rsud.kulonprogokab.go.id>.

Dikutip dari sebuah artikel  (siplawfirm.id) dikatakan:  Diketahui bahwa kesejahteraan secara nasional berdasarkan prinsip ekuitas dengan tujuan menjamin agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar. Sejak awal program ini masih banyak diragukan oleh masyarakat. Anggapan mereka bahwa masuk peserta BPJS Kesehatan hanya menyumbang uang kepada orang lain, dalam hal ini mereka belum pernah sakit. Pertanyaan lain adalah bolehkah kita tarik kembali uang kita, jika tidak pernah dirawat di rumah saki? Dapat dimaklumi bahwa semua pertanyaan ini terjadi akibat kurang pemahaman tentang manfaat BPS Kesehatan bagi pribadi dan keluarga.

Awalnya saya berpikir yang sama dengan mereka bahwa lebih baik sakit dulu baru kita kedokter dan membayar daripada bayar ke BPJS Kesehatan rutin setiap bulan sebelum sakit. Tetapi dalam perjalanan waktu paradigma saya diubahkan. Pengalaman setelah menjadi peserta BPJS Kesehatan mulai tahun 1999 saya dan keluarga menjadi peserta BPJS Kesehatan telah merasakan banyak manfaat. Saat anak pertama  lahir di RSU GPM  Ambon dan anak kedua di RSUD Dr. Haulussy Ambon dan melalui operasi sesar (SC),  disitulah manfaat menjadi peserta BPJS kesehatan benar-benar saya rasakan secara gratis. Hingga kini tidak pernah ragu ketika sakit, BPJS Kesehatan selalu siap memberikan pertolongan.

.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline