Lihat ke Halaman Asli

Kontes Ratu Kecantikan: Dulu Ditentang, Kini Disayang

Diperbarui: 11 Maret 2019   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Missosology

Missology

Dulu, penyelenggaraan kontes kecantikan memang kerap menimbulkan kontroversi di Indonesia. Penolakan tersebut terjadi karena beberapa alasan. Salah satu alasan yang paling menimbulkan banyak perdebatan dan kecaman adalah adanya sesi peragaan baju renang atau swimsuit competition. 

Hal itu dianggap tabu dan kurang pantas bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas merupakan pemeluk agama Islam. Oleh karena itu, ada beberapa Ormas Islam yang menolak mentah-mentah diadakannya kontes kecantikan.

Contoh penolakan yang sempat terjadi adalah penolakan pengiriman delegasi Indonesia pada ajang Miss Universe tahun 2004 yang saat itu diwakili oleh Artika Sari Devi, Puteri Indonesia 2004 asal Bangka Belitung. 

Bukan hanya itu, penyelenggaraan Miss World yang rencananya akan diadakan di Jakarta terpaksa harus berpindah lokasi ke Nusa Dua, Bali karena mendapat penolakan dari beberapa ormas Islam seperti MUI (Majelis Ulama Indonesia), FPI (Front Pembela Islam) dan HTI (Hizbut Tahrir Indonesia).

Namun, jika kita amati beberapa tahun belakangan ini penyelenggaraan kontes kecantikan berjalan lancar hingga pemenangnya dapat mengikuti kontes kecantikan Internasional dengan lancar. Bahkan tak sedikit wakil Indonesia yang pulang dengan membawa segudang prestasi. Berikut adalah beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh wakil Indonesia di beberapa kontes kecantikan terbesar dunia.

Ariska Puteri Pertiwi, Miss Grand International 2016

Kevin Liliana, Miss International 2017

Sheryltha Pratyscha, Miss Cosmopolitan World 2017

Astari Vernideani, Miss Tourism International 2018

Wilda Octaviata Situngkir, Best National Costume Miss Supranational 2018

Elvira Devinamira, Best National Costume Miss Universe 2014

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline