Lihat ke Halaman Asli

Persepsi Bebahasa

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Persepsi yaitu,Persepsi adalah proses otak dalam mengatur dan menginterpretasi informasi sensoris dan memberikan makna. Persepsi bukanlah cerminan langsung dari dunia nyata, tetapi lebih kepada interpretasi yang diperhitungkan sebuah proses konstruktif dan intergratif.

Seperti halnya, Apakah mahasiswa astronomi harus mengetahui bagaimana cara pembuatan teleskop? Hal yang penting diingat adalah, organ indra manusia dan kemampuan persepsi kita tidak sama dengan teleskop dan mikroskop, demikian juga dengan cara kerjanya.

Bahasa yaituinti hakikat kemanusiaan kita. Kemampuan berbahasa merupakan keajaiban dan misteri. Misteri yang dimaksud adalah keanehan yang luar biasa disebabkan adanya bahasa yang manusia ucapkan untuk interaksi namun, bahasa yang diucapkan jarang ditemukan bahkan menjadi bahasa yang baru. Keunikan dalam bahasa ditunjukkan dalam sikap manusia yang memahami makna dari suatu percakapan tersebut secara tidak sadar dan direspon melalui tindakan-tindakan dengan cepat. Bahasa juga dipengaruhi oleh persepsi atau interpretasi hal-hal yang kita dapat dari berbagai informasi. Bahasa juga harus disertai dengan pengetahuan untuk dipersepsikan agar terjalinnya komunikasi yang efektif.

Menurut Keesing (1981:78) menerangkan bahwa rangkaian bunyi dari pengucapan bahasa seseorang yang terputus-putus; secara akustik, bunyi terputus tersebut itu mempunyai kesinambungan. Hal ini menyiratkan benak kita memiliki persepsi yang menerimanya secara tidak utuh dan menimbulkan pemahaman yang berbeda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline