Lihat ke Halaman Asli

Apakah Penelitian Tindakan Kelas Itu ?

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

<!-- /* Font Definitions */ @font-face {font-family:SimSun; panose-1:2 1 6 0 3 1 1 1 1 1; mso-font-alt:宋体; mso-font-charset:134; mso-generic-font-family:auto; mso-font-format:other; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:1 135135232 16 0 262144 0;} @font-face {font-family:"@SimSun"; panose-1:0 0 0 0 0 0 0 0 0 0; mso-font-charset:134; mso-generic-font-family:auto; mso-font-format:other; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:1 135135232 16 0 262144 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:""; margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:SimSun; mso-fareast-language:ZH-CN;} @page Section1 {size:612.0pt 792.0pt; margin:72.0pt 90.0pt 72.0pt 90.0pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:36.0pt; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} -->
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:"Table Normal";
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:"";
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:"Times New Roman";
mso-ansi-language:#0400;
mso-fareast-language:#0400;
mso-bidi-language:#0400;}

Pertanyaan tersebut sering menggelitik kita. Hal tersebut karena penelitian merupakan pekerjaan yang sulit bahkan membosankan, karena akan menyita tenaga, waktu, dan biaya. Benarkah demikian ? .Penelitian terutama penelitian tindakan kelas tersebut sering saya dengar sejak menjadi mahasiswa calon guru yang dituntut untuk mengembangkan wawasannya dengan cara melakukan eksplorasi terhadap masalah-masalah yang dihadapi di sekolah dan dikelas.

Bertitik tolak dari uraian tersebut, penelitian tindakan kelas (PTK) sesungguhnya merupakan implementasi dari kreativitas dan kekritisan guru terhadap apa yang dihadapi untuk menghasilkan kualitas pembelajaran yang lebih baik. PTK ada karena dipicu munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktik yang dilakukan selama ini di kelas mempinyai masalah yang perlu diselesaikan. Dengan kata lain , guru merasa bahwa ada sesuatu yang dilakukan selama ini, dan perbaikan tersebut diprakarsai dari dalam diri guru sendiri.

Penelitian tindakan kelas merupakan terjemahan dari Classroom Action Research. Penelitian tersebut dilaksanakan oleh guru didalam kelas dengan cara merencanakan, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan guru untuk memperbaiki kualitas seorang guru. PTK berfokus pada kelas atau pada proses belajar mengajar yang terjadi di kelas, bukan pada input kelas (silabus, materi) ataupun output (hasil belajar). PTK harus tertu dan mengenai hal-hal yang ada di kelas.

PTK ada karena dipicu munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktik yang dilakukan selama ini di kelas mempunyai masalah yang perlu diselesaikan.Penelitian tindakan kelas bersifat praktis, memberikan kesempatan kepada kita untuk memecahkan masalah, mencari alternative pemecahan, serta menentukan perubahan yang harus dilakukan.

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran. Perbaikan dilakukan secara bertahap dan terus menerus, selama kegiatan penelitian dilakukan. Oleh karena itu, dalam PTK dikenal adanya siklus pelaksanaan. Ini tentu berbeda dengan penelitian biasa yang biasanya tidak disertai dengan perlakukan yang berupa siklus, yaitu adanya tindakan yang berulang-ulang sampai didapat hasil yang terbaik.

Penelitian tindakan kelas terkait dengan persoalan praktik pembelajaran sehari-hari yang dihadapi guru. Sebagai contoh, jika pendidik menghadapi persoalan rendahnya minat baca siswa dan kondisi ini sangat menghambat pencapaian tujuan kurikuler. Dengan PTK dapat dicoba berbagai tindakan yang berupa program pembelajaran tertentu yang dapat memperbaiki persoalan rendahnya minat baca siswanya. PTK juga dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik pendidikan. Hal ini terjadi karena kegiatan tersebut dilaksanakan sendiri oleh guru, di kelas sendiri, dengan melibatkan siswanya sendiri.

Pada intinya, PTK merupakan suatu penelitian yang akar permasalahannnya muncul di kelas, dan dirasakan langsung oleh guru dan siswa yang bertujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar yang selama ini telah dilakukan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline