Lihat ke Halaman Asli

Yudhie

GURU

Alumni SMAN 1 Sumber Dibekali Pelatihan Sebelum Terjun ke Masyarakat

Diperbarui: 20 Juni 2023   11:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peserta pelatihan menjahit (dokpri)

SMAN 1 SUMBER  memberangkatkan alumninya Pelatihan melalui DISNAKER demi menambah life skill dan mengurangi penyumbang angka pengangguran dikabupaten Probolinggo, Selasa (20 /06/2023)


Tingkat pengganguran tiap tahun bertambah Menurut data statistik Kemdikbud 2020, perkiraan lulusan SMA sederajat sebanyak 3,6 juta per tahun.

Menilik laman Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat hingga Februari 2022, angka pengangguran tertinggi justru didominasi lulusan SMA yang mencapai angka 2.251.558 orang dan sebanyak 1.876.661 orang dari lulusan SMK.

SMA Negeri 1 Sumber sebagai pihak penyelenggara pendidikan harus mengedepankan dan memberikan sebuah solusi sebelum para alumninya  terjun di masyarakat, melalui double Track contohnya semua pelajar dibekali keterampilan sesuai dengan bakat dan minat siswanya dengan memanfaatkan kearifan lokal.

Tidak hanya cukup dibekali melalui wadah sekolah melalui double track saja,  pada saat lulus pun (Alumni) akan dibimbing dalam bentuk pelatihan profesi melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Probolinggo dan Dinas tenaga kerja (DISNAKER), adapun program yang ditawarkan kepada alumni berfariasi diantaranya : menjahit, bordir, pengolahan roti dan kue, administrasi komputer, desain grafis, barista, fillet ikan, bengkel sepeda motor dan bengkel las listrik. Siswa yang akan menjadi alumni akan dlmemilih sesuai keinginan mereka masing - masing.

Peserta pelatihan di kantor kecamatan tongas  (dokpri)

Bapak Erlan Sentoso selaku kepala sekolah SMAN 1 Sumber sangat mendukung program pelatihan yang diselenggarakan oleh BLK dan DISNAKER " program ini sangat membantu para alumni SMAN 1 Sumber  guna membekali keterampilan dan mengurangi angka pengguran". Tuturnya.


Ada beberapa alumni pada saat ini masih menjalani proses pelatihan yang ditempatkan dibeberapa titik ,seperti halnya pelatihan menjahit dilaksanakan dipendopo kecamatan tongas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline