Lihat ke Halaman Asli

Nur Wahidah

Mahasiswa

Teori lev vygotsky dan piaget

Diperbarui: 19 Januari 2025   10:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori lev  vygotsky dan piaget Teori perkembangan sosial dan kognitif dari Lev Vygotsky dan Jean Piaget memiliki perbedaan dan kesamaan. 

Perbedaan

Peran individu

Piaget berpendapat bahwa perkembangan kognitif anak-anak terjadi secara individu, sedangkan Vygotsky berpendapat bahwa perkembangan kognitif anak-anak terjadi melalui interaksi sosial. 

Peran guru

Piaget tidak menegaskan peran guru dalam pembelajaran, sedangkan Vygotsky menekankan peran guru dalam pembelajaran. 

Peran usia

Piaget berpendapat bahwa perkembangan kognitif anak-anak berkembang sesuai dengan usia, sedangkan Vygotsky berpendapat bahwa perkembangan kognitif anak-anak tidak terbatas pada rentang usia. 

Peran bahasa

Piaget berpendapat bahwa pikiran muncul sebelum penguasaan bahasa, sedangkan Vygotsky berpendapat bahwa anak-anak akan lebih berkembang secara kognitif setelah menginternalisasi bahasa. 

Kesamaan 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline