BANYUWANGI: Melaksanakan Uji Kinerja Sony Yudistira, S.Kom. Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru ( PPG) Universitas Negeri Surabaya yang sekaligus guru mata pelajaran Teknologi Jaringan Kabel dan Nirkabel SMK Nurut Taqwa Songgon Banyuwangi Jawa Timur di ruang laboratorium komputer jaringan SMK Nurut Taqwa. Kamis, 7/11/2024.
Fase/Kelas: F / XI TKJ, Alokasi Waktu: 2 Jam Pelajaran x 45 Menit, Elemen : Teknologi Jaringan Kabel dan Nirkabel, Model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), Diskusi, metode pembelajaran: presentasi dan demontrasi project.
Profil Pelajar Pancasila adalah 1). Beriman bertakwa kepada tuhan yang maha Esa. 2). Bergotong Royong. Peserta didik bersama kelompok secara sukarela melakukan kegiatan penyelesaian tugas dapat dikerjakan dan berjalan lancar, mudah dan ringan. Masing-masing peserta didik dapat dengan mudah berkolaborasi, saling peduli dan berbagi. 3). Bernalar Kritis Mengidentifikasikan, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu. 4). Kreatif Membuat presentasi dan diskusi 5). Mandiri Mengemukakan ide pada saat diskusi dan pratikum.
Capaian Pembelajaran adalah : Pada akhir Fase F, peserta didik mampu menginstalasi jaringan kabel dan nirkabel, melakukan perawatan dan perbaikan jaringan kabel dan nirkabel, memahami standar jaringan nirkabel, memilih tekologi jaringan nirkabel indoor dan outdoor sesuai kebutuhan, melakukan instalasi perangkat jaringan nirkabel, menjelaskan konsep layanan Voice over IP (VoIP), mengkonfigurasi layanan Voice over IP (VoIP), memahami jaringan fiber optic, memahami jenis-jenis kabel fiber optic, memilih kabel fiber optic, menerapkan fungsi alat kerja fiber optic, melakukan sambungan fiber optic, melakukan perbaikan jaringan fiber optic.
Tujuan Pembelajaran adalah 1. Peserta didik mampu mengistalasi jaringan kabel dengan tepat dan benar. 2. Peserta didik mampu menginstalasi jaringan nirkabel dengan tepat dan benar.
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran adalah 1. Peserta didik melakukan instalasi jaringan kabel 2. Peserta didik melakukan intalasi jaringan nirkabel.
Dalam pelaksanaan berjalan dengan tertib dan lancar tampak keseluruhan siswa mengikuti pembelajaran dengan penuh antusias. Dalam kegiatan pembelajaran terdiri dari Kegiatan Pembuka 15 meneit, kegiatan inti 60 menit, dan penutup 15 menit.
Jurnalis, WHD
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H