BANYUWANGI: Melaksanakan Uji Kinerja Agus Rohman Yusuf, S.Kom. Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru ( PPG) Universitas Negeri Surabaya yang sekaligus guru mata pelajaran Teknologi Jaringan Kabel dan Nirkabel SMK Nurut Taqwa Songgon Banyuwangi Jawa Timur di ruang laboratorium komputer jaringan SMK Nurut Taqwa. Rabo, 30/10/2024.
Fase/Kelas : F / XI TKJ, Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran ( 2 x 45 Menit ), Elemen : Teknologi Jaringan Kabel dan Nirkabel, Model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), metode pembelajaran Saintifik Learning.
Profil pelajar pancasila adalah 1). Beriman bertakwa kepada tuhan yang maha Esa. 2). Bergotong Royong. Bekerjasama dalam kelompok melalui pemberian gagasan, pandangan, atau pemikiran dan menerima serta melaksanakan atas kesepakatan kelompok dalam mencapai penyelesaian tugas yang diberikan. 3). Bernalar Kritis. Mengidentifikasikan, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu. 4). Kreatif. Menuliskan hasil diskusi berdasarkan gagasan, pandangan, atau pemikiran serta gagasan secara logis dan kritis mengenai teknologi jaringan kabel dan nirkabel. 5). Mandiri. Mengelola pikiran, perasaan, dan tindakannya agar tetap optimal untuk mencapai tujuan pengembangan diri dan prestasinya.
Capaian Pembelajaran adalah Pada akhir Fase F, peserta didik mampu menginstalasi jaringan kabel dan nirkabel, melakukan perawatan dan perbaikan jaringan kabel dan nirkabel, memahami standar jaringan nirkabel, memilih tekologi jaringan nirkabel indoor dan outdoor sesuai kebutuhan, melakukan instalasi perangkat jaringan nirkabel, menjelaskan konsep layanan Voice over IP (VoIP), mengkonfigurasi layanan Voice over IP (VoIP), memahami jaringan fiber optic, memahami jenis-jenis kabel fiber optic, memilih kabel fiber optic, menerapkan fungsi alat kerja fiber optic, melakukan sambungan fiber optic, melakukan perbaikan jaringan fiber optic.
Adapun Tujuan Pembelajaran adalah 1. Peserta didik mampu melakukan perawatan dan perbaikan jaringan kabel dengan tepat dan benar. 2. Peserta didik mampu melakukan perawatan dan perbaikan jaringan nirkabel dengan tepat dan benar.
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran adalah Peserta didik melakukan perawatan dan perbaikan jaringan kabel dan Peserta didik melakukan perawatan dan perbaikan jaringan nirkabel.
Dalam pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan tertib dan lancar tampak keseluruhan siswa mengikuti pembelajaran dengan kesungguhan dan antusias.
Jurnalis, WHD
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H