Lihat ke Halaman Asli

Nur Wachid

JURNALIS

Naimatul Ainiyah, S.Pd. Mahasiswa PPG Universitas Negeri Yogyakarta sekaligus Guru Mapel Sejarah SMK Nurut Taqwa Songgon Banyuwangi Uji Kinerja

Diperbarui: 31 Oktober 2024   18:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.Naimatul Ainiyah, S.Pd. melaksanakan Uji Kinerja. Kamis, 31/10/2024.

BANYUWANGI: Naimatul Ainiyah, S.Pd Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru ( PPG)  Universitas  Negeri Yogyakarta yang sekaligus guru mata pelajaran  sejarah SMK Nurut Taqwa Songgon Banyuwangi Jawa Timur melaksanakan Uji Kinerja di ruang laboratorium komputer akuntansi SMK Nurut Taqwa. Kamis, 31/10/2024.

Mata Pelajaran: Sejarah, Fase: E, Kelas: X : Topik/Bab: Teori Masuk & Berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia, Materi Pokok: Teori Masuknya Agama & Kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia, Alokasi Waktu:   2 JP = 2 x 45 menit, model pembelajaran: Problem Base Learning, Pendekatan: Understanding by Design (UbD).

Dok. Naimatul Ainiyah, S.Pd. guru Mata pelajaran sejarah saat Uji Kinerja. Kamis, 31/10/2024

Profil pelajar pancasila adalah Peserta didik mengikuti pembelajaran, dimensi Profil     Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul adalah:

1.Gotong royong dikembangkan dengan berkolaborasi bersama kelompok dalam menyelesaikan LKPD saat proses pembelajaran.
2.Bernalar kritis dalam menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.
3.Kreatif dalam mencari alternatif solusi permasalahan proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Capaian Pembelajaran adalah Pada akhir Fase E peserta didik mampu memahami, mengkritisi dan menafsirkan peristiwa sejarah terkait kehidupan masyarakat Indonesia masa kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Adapun Tujuan Pembelajaran adalah Setelah mempelajari materi ini, diharapkan peserta didik mampu:  1. Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia. 2. Menyajikan hasil analisis teori proses masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia. 3. Mengidentifikasi bukti-bukti masuknya agama & kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Kegiatan pembelajaran terdiri dari Kegiatan Awal Pendahuluan ( 15 Menit), Kegiatan Inti (65 Menit), Kegiatan Penutup (10 Menit). Dalam pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan tertib dan lancar tampak keseluruhan  siswa mengikuti pembelajaran penuh  antusias.

Jurnalis, WHD.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline