BANYUWANGI: Lailatul Maftuhah, S.Pd. mahasiswa PPG Universitas Pasundan yang sekaligus guru mata pelajaran matematika SMK Nurut Taqwa Songgon Banyuwangi Jawa timur melaksanakan Uji Kinerja di ruang laboratorium komputer akuntansi SMK Nurut Taqwa. Selasa,29/10/2024.
Mata Pelajaran: Matematika, Topik/Bab: Statistika, Fase: E , Materi Pokok: Histogram, Alokasi Waktu: 1 pertemuan 2 x 45 menit, Model Pembelajaran: Problem Based Learning (PBL), Pendekatan: Pembelajaran Berdiferensiasi.
Profil Pelajar Pancasila adalah Setelah Peserta Didik mengikuti pembelajaran, dimensi Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul adalah:
1.Beriman,Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia. Akhlak beragama mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa,pemahaman beragama/kepercayaan,pelaksanaan ritual ibadah dikembangkan dengan berdoa sebelum memulai proses pembelajaran
2.Gotong royong. Kolaborasi kerjasama komunikasi untuk mencapai tujuan bersama saling ketergantungan positif koordinasi sosial dikembangkan dengan berkolaborasi bersama kelompok dalam menyelesaikan LKPD saat proses pembelajaran
3.Bernalar Kritis. Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi mengenali kualaitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi mengembangkan refleksi diri dikembangkan dalam menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan histogram
4.Kreatif. Menghasilkan gagasan yang orisinal dikembangkan dalam mencari alternatif solusi permasalahan histogram
Capaian Pembelajaran adalah Di akhir fase E, Peserta didik dapat Mempresentasikan data menggunakan histogram.
Adapun Tujuan Pembelajaran adalah Peserta didik menggambarkan histogram dari tabel distribusi frekuensi dan Peserta didik mempresentasikan penafsiran data berdasarkan data yang diberikan melalui diagram histogram.
Indikator Pencapaian Tujuan Pembelajaran adalah:
1.Melalui diskusi kelompok Peserta didik membuat tabel distribusi frekuensi dengan data yang disajikan dengan tepat dan kreatif
2.Melalui diskusi kelompok Peserta didik menggambarkan histogram dari tabel frekuensi dengan Microsoft Exel dengan bernalar kritis dan tepat
3.Melalui diskusi kelompok Peserta didik mempresentasikan data menggunakan histogram dengan Microsoft Exel dengan kreatif dan bernalar kritis.
Dalam pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan tertip dan lancar tampak keseluruhan siswa mengikuti pembelajaran penuh antusias.
Jurnalis, WHD
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H