Lihat ke Halaman Asli

Nur Vivinn

Mahasiswa

Memahami Belajar dan Psikologi Belajar

Diperbarui: 22 Desember 2023   17:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian psikologi belajar

  Sebelum mengambil kesimpulan tentang pengertian"psikologi belajar", ada baiknya dipelajari dari beberapa pengertian yang telah dirumuskan oleh para ahli tentang"Psikologi belajar"sebagai berikut: (Mahfud,1991:12-15)

 

1. Lister d. Crow and Alice crew, PH. Dalam bukunya"educational psychology"menyatakan bahwa psikologi pendidikan ialah ilmu pengetahuan praktis yang berusaha untuk menerangkan belajar sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan secara ilmiah dan fakta-fakta sekitar tingkah laku manusia.

2.w.S. winkel dalam bukunya"psikologi pendidikan dan evaluasi belajar"menyatakan bahwa psikologi pendidikan adalah salah satu cabang dari psikologi praktik yang mempelajari prasyarat-prasyarat (fakta-fakta) bagi belajar di sekolah berbagai jenis belajar dan fase-fase dalam semua proses belajar. Dalam hal ini, kajian psikologi pendidikan sama dengan psikologi belajar. James driver dalam kamus psikologi psikologi pendidikan buka kurung (di educational psikologi) yang berkenaan dengan penerapan asas dan penemuan psikologis problema pendidikan ke dalam bidang pendidikan.

3.H.Carl Witherington,dalam bukunya "Educational psychology"adalah suatu studi tentang proses-proses yang terjadi dalam pendidikan. Belajar dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang dilakukan individu secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari apa yang telah dipelajari sebagai hasil dari interaksinya dengan lingkungan sekitarnya. Aktivitas di sini dipahami sebagai serangkaian kegiatan jiwa raga, psiko fisik, menunjukkan ke perkembangan pribadi individu seutuhnya, yang menyangkut unsur cipta (kongnitif),rasa(afektif),dan karsa(psikomotorik).(2002:2).

  Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa psikologi belajar adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mempelajari, menganalisis prinsip-prinsip perilaku manusia dan proses belajar dan pembelajaran.

Manfaat mempelajari psikologi belajar

        Chaplin (1972) menitik beratkan  manfaat atau kegunaan mempelajari psikologi belajar untuk memecahkan masalah-masalah yang terdapat dalam dunia pendidikan dengan cara menggunakan metode-metode yang telah disusun secara rapi dan sistematis. Kemudian Linegrand (1985) berpendapat bahwa manfaat mempelajari psikologi belajar ialah untuk membantu para guru dalam mengembangkan pemahaman yang lebih baik mengenai proses pembelajaran.

    Secara umum manfaat dan kegunaan psikologi belajar menurut MuhibinSyah

(2003: 18) bahwa psikologi belajar merupakan alat bantu yang penting bagi penyelenggara pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Psikologi belajar dapat dijadikan landasan berpikir dan bertindak bagi guru, konselor, dan juga tenaga profesional kependidikan lainnya dalam mengelola proses pembelajaran. Sedangkan proses pembelajaran tersebut adalah unsur utama dalam pelaksanaan setiap sistem pendidikan. Manfaat dan kegunaan psikologi belajar juga membantu untuk memahami karakteristik murid apakah termasuk anak yang lambat belajar atau yang cepat belajar, dengan mengetahui karakteristik ini diharapkan guru dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran secara optimal

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline