Lihat ke Halaman Asli

Nurul Yusri dan adil

Mahasiswa - Dosen

Analisis Manajemen Operasional Perusahaan Multinasional

Diperbarui: 21 Juni 2023   22:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ANALISIS MANAJEMEN OPERASIONAL PERUSAHAAN MULTINASIONAL  

Email: nurulyusri03@sma.belajar.id

Email:adil@umpalopo.ac.id

Universitas Muhammadiyah palopo 

Abstrak

      Manajemen Operasional merupakan fungsi manajemen utama dalam sebuah perusahaan.manajemen operasional ini berkembang pesat karena kemajuan teknologi dan munculnya inovasi-inovasi baaru yang telah diimplementasikan dalam praktik bisnis. Karena seiring dengan perkembangan zaman, industri yang semakin maju juga berkembang sehingga perusahaan dituntut untuk menghadirkan kualitas tebaik dalam produk atau jassa yang dihasilkan, namun tidak melupakan dampak lingkungan sekitar dai segala aktivitas perusahaan

Kata kunci : Manajemen Operasional, Multinasional perusahaan,
 Ymvhmv

Pendahuluan

        Manajemen operasi ini telah berkembang pesat sebab kemajuan teknologi dan munculnya inovasi baru yang telah diterapkan dalam praktik bisnis. Saat ini telah banyak perusahaan yang melirik dan menjadikan manajemen operasi sebagai alat yang strategis untuk bersaing antar perusahaan. Manajemen operasi sangat diperlukan untuk melahirkan inovasi baru dan perubahan untuk menjadi lebih baik lagi. Karena seiring perkembangan zaman maka berkembang pula industri yang semakin maju sehingga perusahaan dituntut untuk menyajikan kualitas terbaik dalam produk atau jasa yang diproduksi, namun tidak melupakan dampak lingkungan sekitarnya dari segala aktivitas perusahaan
PT.Unilever Indonesia Tbk yang merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi dan memasarkan berbagai barang konsumen di berbagai negara untuk mencukupi bgagm  mulai dari kesehatan, nutrisi, perawatan sehari-hari dan sebagainya. Dalam menghadapi persaingan yang ketat, PT. Unilever Indonesia Tbk mempunyai berbagai strategi dalam menghadapinya. Strategi tersebut ialah strategi pemasaran, strategi promosi, strategi manajemen sumber daya manusia, dan strategi manajemen operasional (Keweh, 2016). PT. Unilever Indonesia Tbk merumuskan manajemen operasional dengan dua komponen yaitu sarana dan prasarana yang memadai serta cara menyediakan sarana dan prasarana tersebut. Dari kedua aspek tersebut, hal-hal utama dalam manajemen operasional dapat diuraikan menjadi beberapa bidang, yaitu inventarisasi, prosedur, pembelian barang, pengendalian mutu, biaya produksi, produktivitas kerja, jadwal produksi, tenaga kerja, penggunaan fasilitas, dan pemeliharaan peralatan.

KAJIAN PUSTAKA

Perkembangan Manajemen Operasional

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline