pembelajaran, tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
b. Proses pengembangan RPP yang berpusat pada peserta didik dengan menentukan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik agar dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
c. Sumber daya yang diperlukan adalah kompetensi dan kreatifitas seorang pendidik/guru dalam mengembangkan RPP dan LKPD yang berpusat pada aktifitas peserta didik.
d. Memilih media pembelajaran berbasis TPACK yang dirasa sesuai dengan materi pembelajaran, seperti audio-visual, berbentuk video, salindia canva, atau gambar.
Prosesnya
Pada proses PPL saya melaksanakan pembelajaran secara luring. Saya memulai pembelajaran dengan menyiapkan alat dan media pembelajaran yang mendukung seperti laptop, infokus, kamera, serta perangkat RPP.
Setelah persiapan cukup, saya melakukan kegiatan pendahuluan yaitu dengan mengucapkan salam, bertanya kabar, mengecek kehadiran peserta didik mengucapkan salam, dan mengajak peserta didik berdo'a untuk memulai pembelajaran, memberikan motivasi kepada peserta didik, melakukan apersepsi, dan menginformasikan tujuan serta manfaat pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
Pada kegiatan inti, saya menggunakan model Project Based Learning (PjBL), saya mengajak siswa untuk berpikir kritis membuat cerita dari gambar media berseri yang ditampilkan pada salindia canva. Dan peserta didik juga sudah membawa contoh teks cerpen yang mereka cari di internet, setelah itu peserta didik mengerjakan LKPD yaitu menulis teks cerita pendek dengan metode copy the master (menggantikan nama tokoh, latar, watak, dan konflik dari cerpen yang sudah mereka bawa).
Pada prosesnya, siswa terlibat dalam diskusi menulis teks cerpen berdasarkan cerpen yang mereka bawa tidak jauh dari pengalaman peserta didik pada kehidupan sehari-hari.
Saat peserta didik selesai menulis teks cerpen, saya melakukan penilaian, saya menilai siswa yang menyajikan teks cerpen secara tertulis dan lisan pada saat menyajikan hasil atau presentasi di depan kelas.