Lihat ke Halaman Asli

Nurul Wafiq Azizah

Mahasiswa Ilmu Politik UIN Walisongo Semarang

Memaksimalkan Program Kerja, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Posko 64 Melakukan Koordinasi Program Kerja dengan Perangkat Desa Setempat

Diperbarui: 7 Juli 2024   09:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kominfo Posko 64

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian Mahasiswa kepada masyarakat sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma sendiri terdiri dari:
- pendidikan dan pengajaran
- penelitian dan pengembangan
- pengabdian kepada masyarakat

Dalam KKN mahasiswa akan berkomunikasi dan berkdcimpung langsung dengan masyarakat setempat serta diharapkan dapat membangun dan mengembangkan desa agar lebih baik lagi.

Nah, Untuk mencapai hal tersebut setiap kelompok KKN pasti memiliki program kerja yang akan dijalankan selama KKN berlangsung.

KKN posko-64 yang bertempat di Desa Gebang kecamatan Gemuh kabupaten Kendal pada hari Sabtu (6/7) melaksanakan koordinasi kepada tokoh-tokoh desa yang berhubungan dengan proker yang akan dijalankan.
Tokoh-tokoh desa yang ditemui diantaranya yaitu Ibu Indana (ketua PKK), pak Mastur (kepala TPQ), dan pak Kasanudin (PLH. Kades).

Koordinasi program kerja bersama ibu Indina dilaksanakan di SD Negeri 2 Gebang. Sedangkan untuk koordinasi program kerja dengan pak Mastur dan pak Kasanudin dilaksanakan di kediaman beliau masing-masing.

"Bagus sekali itu program kerja nya mba, tapi saya sarankan untuk 

Kominfo Posko 64

pengembangan UMKM sasarannya hanya kepada masyarakat yang punya usaha UMKM saja supaya pemikirannya sejalan", ujar Indana selaku ketua PKK desa Gebang.


Selanjutnya, menurut Mastur (kepala TPQ) kegiatan TPQ di desa Gebang dilaksanakan sore hari sekitar pukul 4.15 sampai menjelang maghrib. Mahasiswa KKN bisa membantu kegiatan TPQ ini bersama dengan ustad ustadzah yang ada.

Dari koordinasi divisi dengan para tokoh desa tersebut diharapkan posko-64 dapat memaksimalkan program kerja yang telah direncanakan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline