Lihat ke Halaman Asli

Sumiani

in sya Allah bisa

Keterkaitan antara Coaching, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran Sosial Emosional dan Peran Pemimpin Pendidikan

Diperbarui: 8 Desember 2022   19:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

2.3.a.8. Koneksi Antarmateri - Modul 2.3

 

Keterkaitan Coaching untuk Supervisi Akademik (Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran Sosial Emosional, dan Peran Pemimpin Pendidikan)

 

Oleh: Sumiani

CGP angkatan 6 Kab. Wakatobi

8 Desember 2022

 

Refleksi Pembelajaran Coaching untuk Supervisi Akademik

Salah satu materi yang yang dibahas dalam pendidikan calon guru penggerak adalah materi terkait nilai dan peran guru penggerak. Dalam materi ini, setiap CGP dituntut untuk memahami bagaimana nilai dan perannya. Peran yang dimaksud dalam modul 1.3 tersebut berupa : 1) menjadi pemimpin pembelajaran, 2) menjadi coach bagi guru lain, 3) mendorong kolaborasi, 4) mewujudkan kepemimpinan murid (student agency), dan 5) menggerakkan komunitas praktisi. Kelima peran inilah yang memiliki korelasi dengan modul 2.3 tentang coaching untuk kebutuhan supervisi akademik, namun lebih difokuskan pada peran kedua yakni, menjadi coach bagi guru lain.

Realita di lapangan menggambarkan bahwa supervisi akademik yang sering dilakukan di setiap satuan pendidikan sering diasumsikan sebagai bentuk kegiatan observasi atau penilaian terhadap kinerja guru, yang memiliki kecenderungan untuk mencari kelemahan dan keunggulan guru sehingga guru merasa terbebani.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline