Lihat ke Halaman Asli

Nurul sulistiani

Manjadda wa jada😊

Islam Politik dan Islam Demokrasi

Diperbarui: 18 Desember 2019   15:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Isu-isu kontemporer

A. Islam dan politik

Politik adalah suatu ilmu tata negara yang berhubungan dengan negaran/pemerintah dan pengelolahan masyarakat madani seperti bahwasanya istilah politik tidak pernah ada dalam islam akan tetapi esensi politik ada yaitu memimpin dan dipimpin. Adapun Islam dan partisipasi politik. 

Partisipasi pokitik yakni sebagai konsep yang asing bagi masyarakat muslim. Muslim terkait dengan kateristik. Objek dari partisipasi tersebut itu pasti ada kaitannya dengan islam karena jika objek partisipasi itu tidak ada katanya dengan islam, partisipasi itu menjadi kecil kemungkinan.

B. Islam dan demokrasi

Dalam pengertian demokrasi sendiri ialah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Islam hadir dengan membawa prinsip-prinsip umum. Islam dan prinsip-prinsip demokrasi merupakan klan bahwa islam bertentangan dengan demokrasi secara khusus terkait dengan penolakan terhadap prinsip-prinsip demokrasi seperti kepercayaan bahwa demokrasi juga merupakan sistem pemerintahan terbaik, nilai kebebasan dan hak-hak minoritas dan pemilihan umum yang kompetitif.

C. Perdebatan-perdebatan islam dan demokrasi

Lebih penting untuk umat islam dalan pelaksanan demokrasi ialah dengan pengacu pada ajaran kemaslahatan, keadilan, kejujuran, kebebasan dan tanggung jawab. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline