Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN-T Upgris Melakukan Pendampingan Belajar Selama Pandemi

Diperbarui: 25 September 2020   20:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendambingan belajar anak SD didesa Pulorejo Kecamatan Purwodadi. | dokpri

Senin, 14 September 2020

Nurul septianto mahasiswa UPGRIS Fakultas Pendidikan Matematika melakukan KKN-T dengan tema Literasi dan Numerasi. 

Mahasiswa yang juga merupakan Putra Matematika dan Putra Fakultas 2018 ini melakukan pendampingan belajar selama pandemi, yang bertempat di desa Pulorejo kecamatan Purwodadi kabupaten Grobogan. Sebelum melakukan pendampingan belajar, Nurul Septianto selaku peserta KKN_T meminta ijin kepada RT setempat. Pendampingan belajar dilakukan didesa Pulorejo Kecamatan Purwodadi karena melihat anak sekitar kurang pengawasan dalam belajar sehingga ilmu yang didapatkan kurang efektif.

Kegiatan belajar ini dilakakukan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi saat pandemi diantaranya: keterbatasan penggunaan media dalam mengakses materi yang diberikan oleh guru disekolah, kurang efektif dan produktif dalam melakukan kegiatan belajar dirumah, anak sekolah dasar bosan dalam belajar dirumah menggunakan sistem daring, dan kurangnya sopan satun anak terhadap orang tua. 

Solusi yang dilakukan Nurul Septianto dalam menghadapi permasalahan tersebut dengan cara memberikan ringkasan kepada anak tentang materi yang diberikan oleh guru disekolah, melakukan pendampingan belajar serta edukasi kepada anak-anak belajar yang efektif, dan memberikan  pengarahan tentang perilaku sopan satun anak terhadap orang tua dilingkungan sekitar. 

Dilakukan pendampingan belajar ini diharapkan agar anak-anak sekolah dasar mendapatkan bekal yang kuat untuk menuju masa depan, mengurangi rasa jenuh pada saat belajar dengan metode daring dan  dalam belajar tetap efektif walaupun dalam pandemi menggunakan sistem belajar metode daring. 

Nurul Septianto mengungkapkan bahwa pendampingan belajar ini tidak hanya dilakukan pada saat KKN-T yang dijadwalkan oleh Kemendikbud saja, namun pendampingan belajar akan terus dilakukan selama pandemi di desa pulorejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline