Lihat ke Halaman Asli

Nurul Qalbi

Mahasiswa

Metode Pengukuran dan Peramalan Permintaan

Diperbarui: 24 Oktober 2023   21:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ardani (2023) mendefinisikan pengukuran sebagai proses untuk menyajikan informasi mengenai pencapaian visi dan misi perusahaan. Penelitian ini menekankan bahwa tujuan utama dari pengukuran adalah memberikan motivasi kepada karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan dan juga menetapkan standar perilaku yang telah ditetapkan sebelumnya untuk mencapai sasaran perusahaan. Menurut penelitian Nurdin (2019), pengukuran di setiap perusahaan adalah kegiatan evaluasi yang penting untuk menilai apakah tujuan perusahaan telah tercapai dengan memadai. Penelitian ini juga menyarankan bahwa hasil pengukuran dapat digunakan sebagai panduan untuk memahami dan mengembangkan potensi perusahaan, serta mempertimbangkan peningkatan jumlah karyawan untuk pertumbuhan di masa depan.

Menurut Masniar (2019), peramalan permintaan dalam dunia usaha terkait produksi sangatlah krusial untuk memprediksi keputusan dasar di masa depan. Karina Auliasari (2019) juga menyoroti pentingnya peramalan permintaan. Ia menjelaskan bahwa peramalan permintaan menjadi dasar bagi banyak keputusan manajerial dalam rantai pasokan, seperti perencanaan permintaan, pemesanan, produksi, dan pengelolaan persediaan. Namun, Auliasari juga mengakui bahwa peramalan ini sulit dilakukan dengan tingkat akurasi yang diinginkan karena volatilitas dan faktor-faktor lain yang terlibat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline