Lihat ke Halaman Asli

Another Job of a Pharmacist

Diperbarui: 17 Juni 2015   16:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Anda seorang pharmacist yang bekerja di industri ataupun di rumah sakit, yang sudah mulai bosan dengan kekangan waktu kerja sehingga membuat anda merasa bahwa hidup terlalu konstan? Ataukah anda seorang pharmacist baru yang belum mempunyai banyak pengalaman kerja? Jika iya, maka sebaiknya anda membaca tulisan saya yang berikut ini.

Seorang pharmacist yang bekerja di industry ataupun di rumah sakit, selalu identik dengan waktu kerja yang teratur. Terkadang lembur dan menyita waktu bersama keluarga. Namun tahukah anda jika ada sebuah pekerjaan yang bisa di lakukan oleh seorang pharmacist tanpa ada kekangan waktu? Dengan kata lain, anda bisa menjadi seorang pharmacist yang bebas.

Pekerjaan ini sangat diminati di beberapa daerah di United Kindom dan Australia. Bahkan pada survei yang dilakukan oleh RPSBG (Royal Pharmaseutical Society of Great Britan)-sebuah perhimpunan yang mengatur, membimbing, mengembangkan profesi yang berkaitan dengan farmasi di United Kindom menyatakan bahwa pada akhir tahun 2002 dari 22.000 pharmasist, sebanyak 36,4% diantaranya memilih pekerjaan ini. Dan dari 20% pharmacist yang bekerja di rumah sakit, 9 % diantaranya juga memilih pekerjaan ini.

Pertanyaannya, pekerjaan apakah itu?

Suatu ketika terdapat seorang pharmacist sedang melakukan tugasnya seperti biasa, namun tiba-tiba saja mendapat kabar bahwa keluarganya tertimpa musibah. Pharmacist ini langsung saja menelpon seorang temannya yang kebetulan berprofesi sama dengannya untuk sementara menggantikan tugasnya. Nah sang teman inilah yang di sebut dengan lokum pharmacist.

Locum pharmacist adalah sebuah pekerjaan dimana seorang pharmacist yang mengambil alih sementara pekerjaan pharmacist lain, termasuk dengan memberikan pelayanan kesehatan. Menjadi seorang locum pharmacist selain memerlukan pengalaman kerja sebanyak 1-3 bulan, hal lain yang diperlukan juga adalah mengirim surat registrasi ke RPSBG (Royal Pharmaseutical Society of Great Britan)  untuk bekerja sebagai locum pharmacist di United Kindom. Anda bisa saja bekerja sebagai locum pharmacist di luar United Kindom, misalnya di Australia. Hanya saja anda terlebih dahulu harus mengirim beberapa persyaratan ke RPSBG.

Locum pharmaisist juga sering disebut sebagai pengganti. Namun jangan mengira bahwa menjadi seorang locum pharmacist hanya sekedar sebagai pengganti karena menjadi seorang pharmacist harus mempunyai tanggung jawab untuk menjadi manager dan pemilik tanpa perlu menjadi akrab dengan apotek. Selain itu kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang locum pharmacist sama dengan kewajiban yang dilakukan oleh pharmacist lainnya. Dan juga bahwa pajak atau NIC seorang locum pharmacist tidak akan sama dengan pajak atau NIC pharmacist yang diganti.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika mejadi seorang locum pharmacist, diantaranya mematuhi code etik sebagai locum pharmacist, selalu berusaha untuk melakukan pelayanan kesehatan yang terbaik, memperlakukan semua orang yang mencari layanan profesional dengan sopan dan hormat, selalu memperbaharui wawasan ataupun berita menyangkut dunia kesehatan, sebisa mungkin menjalin kerja sama dengan profesi kesehatan lainnya, memikirkan baik-baik sebelum melakukan pelayanan kesehatan tersebut.

Pertanyaan selanjutnya, apakah keuntungan menjadi seorang locum pharmacist?

Jawabannya adalah menjadi seorang locum pharmacist kita bisa menentukan dimana dan dan kapan kita bekerja. Kita juga bisa mengontrol seberapa lama waktu kita bekerja. Tidak hanya itu, kita juga bisa mendapatkan banyak pengalaman dari pharmacist lainnya.  Dan untuk pharmacist baru, pekerjaan ini bisa menjadi bahan belajar sebelum menentukan pekerjaan apa yang akan dilakukan di dunia farmasi ini.

Jadi bagaimana, berminatkah anda menjadi seorang locum pharmacist? Kalau iya, anda sebaiknya berpikir baik-baik. Karena bekerja sebagai locum pharmacist bisa menjadi menyenangkan, namun itu tergantung dari bagaimana diri anda sendiri. Hanya kita sendiri yang bisa menentukan hidup kita.

Daftar pustaka:

Mason, pamela. Locum Pharmacy: A Survival Guide. Pharmaceutical Press: United Kindom. 2004

Anonim. EESM4270 - Particular occupations: locum Pharmacists [online] avaliable in http://www.hmrc.gov.uk/manuals/esmmanual/esm4270.htm  (diakses pada tanggal 25 november 2014)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline