Lihat ke Halaman Asli

Penulisan Recount Text sebagai Sarana untuk Meningkatkan Keterampilan Writing Siswa

Diperbarui: 13 Juni 2023   08:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Siswa secara individu menulis Recount text/Dokpri

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai program kerja akademik dari Mahasiswa Asistensi Mengajar, program studi Pendidikan Bahasa Inggris yaitu membuat "Recount text" setelah menerima materi tentang Recount text. Recount text adalah salah satu sarana yang dapat meningkatkan keterampilan menulis dan memahami struktur recount text dengan baik dalam Bahasa Inggris. 

Sasaran dari kegiatan tersebut yaitu kelas VIII-G, VIII-H dan VIII-I, SMPN 1 Lawang dengan total 91 siswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada akhir pertemuan materi Recount text dipelajari yaitu 13 Mei 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis Recount text. 

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam hal membuat cerita beserta menghias sebagus mungkin. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMPN 1 Lawang (Jl. Sumber Taman No.50, Karang Sono, Kalirejo, Kec. Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65216) tepatnya di kelas VIII-G, VIII-H dan VIII-I. 

Kegiatan menulis Recount text ini melalui beberapa tahap. Pertama, siswa diberikan contoh teks bacaan tentang Recount text, baik yang ada di buku paket maupun di internet. Siswa diberi penugasan pada hari Sabtu, lalu diminta untuk menyiapkan judul cerita yang berkaitan dengan topik yang sudah disediakan yaitu tentang liburan yang akan ditulis dalam Recount text tersebut. 

Kemudian, siswa disuruh melanjutkan penugasan di rumah sebagai tugas rumah guna untuk menambah durasi waktu penugasan agar hasilnya bisa lebih maksimal. Waktu yang diberikan adalah seminggu setelah penugasan. Sabtu depannya, siswa disuruh untuk mengumpulkan tugas menulis Recount text dengan tepat waktu. Kegiatan ini diharapkan mampu mengasah skill menulis siswa berbahasa inggris serta meningkatkan kreatifitas dalam hal menulis cerita. 

Gambar 1 Kegiatan final project (tugas akhir) bahasa Inggris siswa kelas VIII-I, SMPN 1 Lawang. Guru memberikan instruksi kepada semua siswa untuk menyiapkan selembar kertas untuk digunakan sebagai media menulis Recount text. Siswa diminta untuk menuliskan satu cerita yang berkaitan tentang Recount text secara individu berbahasa Inggris. 

Siswa didorong untuk mengerjakan tugas dengan baik karena akan dinilai mulai dari proses berlangsungnya hingga pengumpulan hasil akhir. Siswa yang sudah membuat cerita, maka diperbolehkan untuk menghias kertas itu dengan sekreatif mungkin. 

Apabila waktu pembelajaran bahasa Inggris telah habis tetapi siswa belum selesai mengerjakan maka diperbolehkan untuk dibawa pulang dan dijadikan pekerjaan rumah. Dan dikumpulkan di hari Sabtu mendatang/ satu minggu setelah penugasan disampaikan. 

Gambar 2. Hasil dari penulisan Recount text/Dokpri

Gambar 2. Hasil dari penulisan Recount text secara individu. Masing-masing individu mengerjakan tugas dengan baik. Hasilnya sangat bervariatif sesuai kreatifitasnya. Ada yang dihias dengan hasil gambaran sendiri, ada juga yang dihias dengan sesuatu yang ditempel yang pastinya lebih keliatan menarik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline