Lihat ke Halaman Asli

Teknik Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini

Diperbarui: 15 November 2022   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan pada anak usia dini suatu Pendidikan yang mana diberikan sejak ia lahir hingga anak itu ber usia enam tahun. Pada masa ini adalah masa terpenting dalam perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini, Pendidikan yang diberikan pada anak usia dini ini merupakan bekal untuk mereka dalam mengembangkan potensi mereka. 

Adanya Pendidikan untu anak usia dini untuk memfasilitasi terhadap perkembangan dan pertumbuhan mereka. 

Dan seorang guru akan mengetahui apakah anak ini sudah berkembang dengan baik dan apakah anak ini memiliki pertumbuhan yang sangat baik pula melalui hasil dari penilaian. Sebelum diketahui hasl dari penilaian itu dilakukannya kegiatan evaluasi dimana dari kegiatan ini guru bisa mengetahui daya serap siswa terhadap pembelajaran yang sudah diberikan (khairunnisa, 2019:2). 

Menurut rukajatt (2018:1), kata evaluasi dan penilaian seringkali didengar dan digunakan dalam keseharian. Orang sering mengidentikkan evaluasi dengan penilaian terkadang ada juga yang menganggap bahwa evaluasi, penilaian, dan pengukuran itu sama sejatinya ketiga kata ini berbeda. Dari segi kegunaannya ketiga istilah ini membingungkan karena semua nya masuk dalam proses yang sama dan ketiga-tiganya ini tidak bisa dipisahkan.

Teknik yang digunakan dalam evaluasi pembelajran ini menggunakan tes dan non tes dan keduanya ini merupakan sebagai alat ukur dalam mengumpulkan informasi yang dilaksanakan Ketika pembelajaran, Evaluasi merupakan proses dalam mengambil keputusan berdasarkan hasil pengukuran serta penilaian yang mana hal ini dilakukan secara menyeluruh (Iftitah, 2019:1). 

Menurut Putra (2013), evaluasi berasal dari Bahasa inggris yaitu evaluation yang berarti manaksir atau menilai. Sedang evaluator adalah orang yang menilai.

Menurut Djali dan Pudji (dalam Maraeni, 2012) evaluasi didefinisikan sebagai proses menilai sesuatu berdasarkan kriteria atau tujuan yang sudah ditetapkan kemudian dilanjutkan dengan pengambilan keputusan atas objey yang dievaluasi.

Dan masih banyak para ahli yang mendefinisikan evaluasi sesuai dengan pemikiran masing-masing (Iftitah, 2019:2). Adanya evaluasi pembelajaran ini memiliki manfaat yang begitu banyak bukan untuk satu aspek pembelajran saja tapi untuk seluruh aspek dalam pembelajaran (Iftiitah, 2019:5). 

Didalam melakukan evaluasi pembelajaran didalamnya terdapat Teknik yang mana dilakukannya ini diperlukan alat atau instrumen yang akan digunakan dalam mengevaluasi dan ada dua yang digunakan yaitu instrument tes dan non tes antara lain:

1. Instrumen tes

Instrument ini adlah instrumen tertulis, instrumen tes adalah suatu Teknik yang digunakan daalam melaksanakan kegiatan pengukuran, yang di dalamnya ada berbagai pertanyaan ataupun tugas, tapi pada evaluasi aud ini sangat jarang digunakan tapi tidak menutup kemungkinan bahwa instrument tes ini digunakan oleh guru anak usia dini.  (Nurlaili, 2018:19)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline