Saya ingat betul ketika produk ini hidup di tahun-tahun pertamanya. Penuh liku, tantangan, bahkan olok-olok yang seringkali datangnya dari dalam.
Bahkan saat usianya genap satu dekade (lima tahun lalu), produk ini harus berbenah banyak demi bisa menjaga eksistensi dan bisa terus kompetitif secara bisnis.
Kini, ia sudah memasuki lustrum ketiga. Hanya selisis beberapa bulan saja dengan usia masa kerja saya di kompas cyber media.
Produk yang dulunya diprediksi bakal tumbang---atau ditumbangkan---ini terus bertumbuh berkat dukungan dan kerja keras banyak orang, terutama para penggunanya, yaitu kompasianer.
Tahun ini sudah terdapat 4,8 juta pengguna kompasiana (kompasianer) dengan 2,8 juta konten yang telah terpublikasi dan memiliki kualitas yang tak kalah bagus dari para kreator atau jurnalis profesional---bahkan seringkali lebih bagus .
Rasanya tidak berlebihan jika kompasiana telah menjadi user generated content platfrom berbasikan konten blog terbesar di indonesia, kawasan bahkan dunia!
Dirgahayu kompasiana! Terus menjadi ruang publik yang kreatif, inovatif dan memberi dampak baik bagi semua.
#everystorymatters
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H