[caption id="attachment_361307" align="aligncenter" width="600" caption="Ilustasi-Kompasiana Nangkring dan Test Ride YZF R25 (Kevin Andhika)"][/caption]
Sejak kopi darat pertama di awal tahun 2009 sampai sekarang, Kompasiana terus menyelenggarakan kegiatan demi kegiatan kopdar. Ada beberapa kegiatan kopdar di Kompasiana, antara lain; Kompasiana Nangkring, Modis, Blogshop, Kompasiana Visit, dan Test Drive/Ride. Semua kegiatan tersebut melibatkan Kompasianer sebagai audience dan tak jarang sebagai pelaksana, seperti Nangkring yang diajukan sendiri oleh Kompasianer.
Kegiatan tersebut tidak hanya diselenggarakan di ibu kota, di daerah atau kota lain juga sempat disambangi oleh Kompasiana melalui kegiatan seperti Nangkring, Modis atau bahkan Blogshop yang pernah berkeliling ke 10 kota, dari Aceh sampai Ambon. Kompasiana membuat segala jenis kegiatannya tidak serta-merta ditujukan untuk sekedar kopdar atau gathering Kompasianer yang selama ini hanya bertemu di laman www.kompasiana.com, tapi di tiap kegiatan yang dibuat selalu disisipkan dengan konten yang bermutu dan memiliki segmen tersendiri.
Misalnya saja, Kompasiana Nangkring yang menjadi ajang kopdar dan diskusi santai yang menghadiri pembicara dan aundience dari Kompasianer. Sering juga mendatangkan pembicara dari pihak lain (bukan Kompasianer) seperti pembicara dari pihak lain atau sosok ternama.
Beda halnya dengan Kompasiana MODIS (Monthly Discussion), meski sama-sama menjadi media kopdar dan diskusi, MODIS selalu mendatangkan prominent people atau tokoh ternama. Jusuf Kalla, Nurul Arifin, Marzuki Alie, Muhammad Nuh, Anggito Abimanyu, Ahok, Abraham Samad, dan Wiranto adalah sederet tokoh lain pernah hadir sebagai pembicara.
Sedangkan Blogshop memiliki konsep pelatihan menulis (blog) dan jurnalistik atau hal lainnya yang bersifat tutorial. Selain itu, baru-baru ini Kompasiana juga memiliki kegiatan Kompasiana Visit dan Kompasiana Test Drive/Ride. Kompasiana Visit merupakan suatu konsep kegiatan yang mengajak Kompasianer untuk mengunjungi suatu tempat dan melaporkannya di Kompasiana. Belum lama ini, sejumlah Kompasianer mengunjungi pabrik Deltomed di Solo, sebelum itu, puluhan Kompasianer juga mengunjungi Garuda Maintenance Facility (GMF) dan Aerowisata Catering Service (ACS) di Cengkareng.
Yang paling terhangat adalah Kompasiana Test Drive/Ride bareng Yamaha Motor Indonesia. Di acara ini Kompasianer mendapat kesempatan menjajal motor sport R 25. Sebelumnya, Kompasianer juga diajak untuk menjajal sejumlah mobil keluaran Nissan dan Chevrolet.
Sudah banyak pihak lain (baca: klien) yang ingin berpartisipasi di tiap kegiatan. Contohnya saja Kompasiana Blogshop ke sepuluh kota yang didukung oleh perusahaan telekomunikasi dua tahun lalu. Begitu juga dengan Kompasiana Nangkring yang rutin hadir di berbagai tempat dengan tema atau konten yang beragam sekaligus didukung oleh beragam klien. Beberapa sudah saya sebutkan di atas.
Bagi Kompasianer yang ingin mengikuti dan terdaftar dalam setiap kegiatan offline Kompasiana juga mudah, cukup mendaftar melalui email dengan menyertakan data diri lengkap, jadi tidak ada syarat dan ketentuan khusus apalagi tips dan trik.
Lantas, bagaimana sekarang?
Masih sama, Kompasianer dapat mendaftarkan diri di tiap kegiatan Kompasiana melalui email atau langsung pada laman microsite khusus kegiatan seperti acara Kompasianival. Tapi, ada beberapa syarat dan ketentuan yang dibuat oleh pengelola Kompasiana. Seperti akun sudah diverifikasi, mencantumkan akun URL dan lainnya. Kenapa demikian?