Lihat ke Halaman Asli

Nurul Izzah

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Kontribusi Mahasiswa UPI PMP2K pada Event Pemasaran yang Melibatkan UMKM dan Komunitas Mobil Karawang

Diperbarui: 29 Desember 2022   22:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Universitas Pendidikan Indonesia merupakan kampus yang memiliki Program Mandiri untuk Penguatan Profesional Keilmuan (PMP2K) dengan rancangan pembelajaran mahasiswa di luar kampus. Kesempatan ini pun banyak di manfaatkan oleh mahasiswa S-1 Program Studi (Prodi) Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi (PSTI) untuk mendapatkan pengalaman, wawasan dan keilmuan yang lebih luas lagi mengenai dunia kerja.

Saat ini penulis sebagai satu peserta program PMP2K yang disebut internship dan telah berhasil menyelesaikan program tersebut. Penulis memilih Perum Perumnas proyek Karawang sebagai tempat pelaksanaan internship selama 103 hari di bawah bimbingan Ibu Ditta Dwi Damayanti, SE., selaku Mentor dan Ibu Wahyu Primasari Hindarto, SP., MM., selaku Co-Mentor.

Apartemen Grand Sentraland Karawang  merupakan salah satu proyek dari perusahaan umum yang bergerak di bidang properti dan berlokasi di Karawang. Terdapat tiga tipe dari hunian apartemen ini, yaitu Tipe studio, dengan luas SGA 21.8 m2, Tipe 1 Bed Room A (dengan sekat 1 kamar) luas SGA 32.7 m2, Tipe 1 Bed Room B (tanpa sekat 1 kamar) luas SGA 32.7 m2 dan Tipe 2 Bed Room luas SGA 43.6 m2.


Selama penulis melaksanakan program internship sudah berhasil memberikan kontribusi pada event yang diadakan oleh departemen pemasaran dan penjualan, adapun event yang diadakan selalu berhasil melibatkan UMKM Karawang dan Komunitas Mobil Karawang. Pada event tersebut, penulis mendapatkan banyak keilmuan dan pengalaman baru, dimana selama event penulis diberikan kepercayaan sebagai seorang PIC pada salah satu rangkaian kegiatan yang mengharuskan melakukan koordinasi dengan ketua/penanggung jawab tenant UMKM atau pun ketua Komunitas. 

PIC (Person In Charge) adalah seseorang yang Memiliki tanggung jawab atas berjalannya sebuah event atau tugas tertentu dalam organisasi. Otomatis, seorang PIC harus bisa menjadi seseorang yang bisa menjalankan tanggung jawab nya atas tugas tertentu secara maksimal. Sehingga, selama penulis melaksanakan program internship ini secara tidak langsung mendapatkan pembelajaran bermanfaat dalam pengembangan skill komunikasi, problem solving dan interpersonal yang baik dalam dunia kerja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline