Lihat ke Halaman Asli

Nurul Izzah

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Garda Cendekia: Antara Cita dan Realita

Diperbarui: 25 Mei 2023   02:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ing Ngarso Sung Tulodho

Ing Madya mangun karso

Tut Wuri Handayani

Itulah yang dikatakan bapak pendidikan kita Ki Hajar Dewantara. Jika diimplementasikan di dunia nyata pendidikan, guru adalah garda terdepan generasi penerus bangsa karena sejatinya guru; di gugu lan ditiru itulah sebabnya mengapa setiap individu dituntut untuk mencari ilmu, karena setiap individu adalah guru. Secara tidak sadar, sebenarnya manusia sudah memiliki karakter terpuji sejak lahir. Namun seiring dengan berjalannya waktu, perilaku terpuji itu bisa bertahan atau hilang. Tergantung manusia itu sendiri dan lingkungan ia berada. Mari kita ulik pengaruh nilai sosial budaya dan ancaman di dunia pendidikan Indonesia.

URGENSI PENDIDIKAN

Perubahan sosial merupakan suatu proses yang akan selalu ada pada masyarakat. Karena manusia memiliki akal pikiran yang berguna untuk mengubah segala sesuatu. Perubahan ini bisa bersifat individu maupun kelompok. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi yakni; teknologi,persaingan,dan peran stakeholder/pemimpin. Perubahan sosial juga disebabkan oleh unsur nilai-nilai sosial, struktur sosial,norma sosial, dan pola perilaku.  Dalam hal ini pendidikan sangat berpengaruh dalam perubahan sosial. Banyak fenomena dan hal-hal aneh tapi nyata terjadi dalam dunia pendidikan kita sebut saja “kecelakaan pendidikan”. Mari kita ambil salah satu contoh misalnya dalam proses pembelajaran di kelas terjadi kekerasan fisik dan mental terhadap siswa, sering muncul kasus pelecehan seksual terhadap siswa (anak didik) ataupun sesama teman sebaya, tindakan kekerasan hingga menyebabkan kematian. Banyak istilah yang diungkapkan oleh pakar pendidikan dalam menggambarkan betapa mirisnya pendidikan kita saat ini. Lantas jika terjadi banyaknya penyimpangan perilaku sosial siapakah yang disalahkan? Anak didik itu sendiri ataukah guru pendidik?

Menurut laporan Human Development Indeks (HDI) ,Indonesia masih berada diposisi 110 dari 177 negara. Tolak ukurnya terdapat pada pengembangan atau pembangunan manusia berdasarkan pendidikan/pengetahuan, kesehatan,dan status ekonomi. Memang dalam hal ini pendidikan yang menjadi tolak ukur kualitas suatu bangsa dan sorotan paling tajam diarahkan pada kualitas guru, sesuai dengan pasal 39 UU No. 20 tugas dan kewajiban guru adalah merencanakan pembelajaran, melakukan bimbingan, melakukan pelatihan, dan melakukan pengabdian masyarakat. Maka dari itu sudah sepatutnya kita sebagai mahasiswa solutif dalam merekontruksi apa yang menjadi problematika didunia pendidikan sekarang.

Pendidikan menurut KBBI, yaitu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik. Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa keseluruhan dari mutu setiap perjumpaan guru dengan muridnya dapat dikatakan bermutu apabila perjumpaan itu berdampak / membantu perkembangan diri anak. Sebaliknya perjumpaan guru-murid dikatakan tidak bermutu apabila perjumpaan tersebut tidak memotivasi atau menghambat anak dalam proses tumbuh kembangnya. Kali ini kita akan mengambil contoh kasus kenakalan remaja.

PERKEMBANGAN DUNIA REAMAJA PADA ASPEK SOSIAL BUDAYA

Secara kuno, masa remaja dianggap sebagai periode “badai atau tekanan.” Pertumbuhan pada tahun-tahun awal masa puber bersifat melengkapi pola yang sudah terbentuk sebelumnya. Tidak semua remaja mengalami masa badai dan tekanan. Namun benar juga jika sebagian besar remaja mengalami ketidakstabilan dari waktu ke waktu sebagai konsekuensi dari usaha penyesuaian diri pada pola  perilaku baru dan harapan sosial yang baru. Misalnya, masalah percintaan, masalah karir, dan lain-lain. Salah satu tugas perkembangan masa remaja yang tersulit adalah berhubungan dengan penyesuaian sosial. Mereka harus menyesuaikan diri dengan lawan jenis dalam hubungan yang sebelumnya pernah ada dan menyesuaikan dengan orang dewasa diluar lingkungan sekolah dan keluarga. Yang terpenting dan yang tersulit adalah penyesuaian diri dengan meningkatnya pengaruh kelompok sebaya, perubahan perilaku sosial, pengelompokan sosial, nilai nilai baru dalam pertemanan, nilai baru penolakan sosial, dan dalam seleksi pemimpin.

Masa Remaja selalu maju, pengaruh kelompok sebaya pun akan berkurang. Ada dua faktor penyebabnya :

  • Sebagian besar remaja ingin menjadi individu yang bisa berdiri diatas kakinya sendiri dan ingin dikenal mandiri, bahasa kekiniannya Independent. 
  • Pemilihan lingkup persahabatan. Masa remaja memiliki kecenderungan untuk mengurangi jumlah teman meskipun banyak yang ingin berkecimpung di komunitas gerakan sosial. maka pengaruh kelompok sosial yang besar kurang berarti dibandingkan pengaruh sahabat karibnya.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline